5 Manfaat Anak Memiliki Jiwa Kreatif

Semakin hari kreativitas semakin diperlukan apalagi banyak orang kreatif yang justru sukses, bahkan sekarang anak-anak juga sudah kreatif walau usianya masih kecil. Lingkungan dan daya saing bisa menjadi salah satu faktor anak-anak mulai meningkatkan jiwa kreatifnya.

Kreativitas itu pilihan, bukan bakat karena semua orang bisa menjadi pribadi yang kreatif. Setiap anak berpotensi asalkan terus dipupuk dan dibentuk agar menciptakan karakter unggul.

Ketika anak mama kreatif, maka ini menjadi sebuah pondasi untuk dirinya di masa yang akan datang.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa manfaat positif yang didapat dari anak dengan jiwa kreatif tinggi, inilah merangkumnya.

  1. Memberikan semangat motivasi untuk berkarya

Jiwa kreatif anak-anak sudah bisa dilatih dengan berbagai media pembelajaran yang ada sekarang bahkan dapat melalui mainan.

Anak mama yang sudah masuk Sekolah Dasar tentu telah mengerti soal mengasah jiwa kreatif. Ketika dirinya sudah terbiasa untuk kreatif, maka tanpa disadari akan memacu semangat atau motivisi hidupnya agar terbiasa terus berkarya.

Seseorang yang seringkali mengasah berbagai hal yang memancing daya kreativitas, maka biasanya tidak akan takut kehilangan kesempatan. Hal ini dikarenakan si Anak sudah terbiasa menghadapi dan menyelesaikan masalah melalui berbagai peluang yang diciptakan dengan caranya sendiri.

  • Menjaga kesehatan mental agar tetap stabil

Sebuah penelitian dari American Journal of Public Health mengatakan bahwa seni atau jiwa kreatif memiliki dampak positif untuk kesehatan serta penyembuhan diri.

Anak-anak yang sedang sakit, sehingga tidak bisa banyak beraktivitas bukan berarti tidak bisa berkarya. Jiwa kreatif yang dimilikinya dapat membuat si Anak terus menciptakan sesuatu. Walau hanya berada di tempat tidur, dirinya bisa menggambar atau berkegiatan lain untuk memancing daya kreatifnya tetap tersalurkan dengan baik.

Perlu disadari bahwa cara berkarya dalam sebuah gambar atau tulisan dapat menjadi bentuk ekspresi. Dengan mengungkapkan emosinya melalui berbagai bentuk karya bisa membantu meningkatkan kesehatan mental.

Dari hal ini terlihat kalau kreativitas yang dimiliki seseorang mampu meningkatkan ketahanan psikologis bahkan walau sedang sakit secara fisik.

  • Meningkatkan kinerja otak menjadi semakin produktif

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang selalu berkreatif akan meningkatkan kemampuan otak untuk menumbuhkan koneksi atau sering disebut sebagai neuroplastisitas.

Sebagai orangtua, Mama perlu tetap memberikan pendampingan agar kreativitas anak bisa tersalurkan secara tepat. Beragam metode pembelajaran pun bisa digunakan untuk menciptakan anak yang berkarakter.

Jika si Anak juga menulis, maka biarkanlah dirinya berekspresi melalui tulisan-tulisan yang dibuat. Dari sebuah tulisan tanpa disadari akan memancing banyak karya baru seperti lirik lagu, cerita atau bahkan kata-kata puitis lainnya.

  • Membuat hidup lebih indah dan berwarna

Mulai sejak kecil, anak-anak memang perlu dipancing jiwa kreatifnya secara perlahan. Jika dipupuk dengan baik dan ketika usianya semakin bertambah, maka kreativitas akan membuat hidupnya menjadi indah dan bahagia.

Jika anak mama menjalano kegiatan yang bervariasi dan tidak monoton pasti akan membuatnya terus bersemangat. Ketika akhir pekan pun tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal baru agar liburan si Anak menjadi menyenangkan.

Kegiatan atau permainan sederhana yang kreatif pun bisa membuat liburan akhir pekan menjadi lebih seru nih, Ma.

  • Mampu memberikan perubahan untuk lingkungan dan taraf hidup orang banyak

Kehidupan anak-anak yang sejahtera serta bahagia tentu tidak lepas dari cara mereka memaknai hidup lewat bermain. Tak jarang permainan yang memancing jiwa kreatif bersama teman-temannya membuat mereka jauh lebih bahagia.

Melalui permainan dan proses hidup, anak mama yang terus mengasah kreativitasnya tentu akan berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup orang lain. Jika terus ditekuni bukan tidak mungkin kalau dirinya dapat menciptakan karya-karya baru yang kreatif.

About Author

Related posts

5 Penyebab Karies Gigi pada Anak

Kesehatan gigi pada anak termasuk salah satu yang sering dijaga dengan baik. Tak jarang orangtua selalu mengingatkan anaknya untuk selalu membersihkan gigi karena kesehatan gigi dan mulut begitu penting. Karies gigi menjadi permasalahan yang mudah dialami oleh anak kecil karena telah lalai menjaga kebersihan gigi. Karies gigi adalah salah...

Read More

Perkembangan Fisik Anak Usia 3 Tahun

Di usia 3 tahun, umumnya anak telah memiliki satu set gigi susu yang lengkap. Yang terakhir muncul biasanya adalah gigi geraham yang tumbuh antara usia 23 hingga 33 bulan. Gigi susu ini tidak akan tanggal hingga minimal usia 5 tahun sampai nantinya anak berusia 7 tahun. Untuk itu, sangat...

Read More

Si Kecil Juga Butuh Me Time

Menjadi orangtua, pastinya akan membuat Mama ingin selalu berdekatan dengan anak, bukan? Tak hanya selalu ingin dekat dengannya, Mama juga ingin selalu ada bersamanya saat senang maupun susah. Tidak apa kok Ma, memang seperti itulah naluri seorang Mama pada anaknya. Namun jangan terlalu sering bersikap demikian pada si Kecil...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: