6 Tips Single Mom Jika Punya Anak Laki-Laki

Tak mudah memang menghadapi setiap masalah dalam rumah tangga, apalagi ketika kamu harus membuat keputusan berat untuk bercerai dari suami. Ditambah lagi kamu punya anak laki-laki yang masih kecil atau sedang mengandung anak.

Menjalani kehidupan single parent adalah tantangan untuk setiap wanita, apalagi ketika kamu punya anak laki-laki yang masih kecil. Sekian hal inilah yang perlu kamu lakukan untuk membesarkan si kecil.

Bicarakan tentang ayahnya

Suatu ketika mereka pasti akan menanyakan tentang ayahnya, dan tak semua ibu bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. Kamu perlu menjelaskan dengan cara yang mudah ia mengerti namun tak menutupi kenyataan yang ada. Kamu perlu mengatakan sesuatu yang positif namun jujur, seiring bertambahnya usia, jelaskan sesuai kemampuannya dalam memahami sesuatu.

Ajari ia menggunakan toilet

Saat menggunakan kamar mandi, pria dan wanita itu berbeda. Biasakan anak untuk buang air kecil seperti layaknya laki-laki. Saat pergi ke tempat umum seperti mall, antar ia ke toilet pria dan mengapa ibunya tak harus ikut masuk ke dalam.

Ingat bahwa ia bukan jadi kepala keluarga

Seringkali ibu akan menjadikan anak laki-lakinya sebagai pengganti ayah dalam hal finansial. Seharusnya ia tidak bertanggung jawab untuk membantu menjadi kepala rumah tangga, apalagi hingga membuat mereka bekerja sejak kecil.

Berikan ia role model yang baik menjadi laki-laki

Minta pamannya atau kakeknya memberikan contoh sebagai laki-laki, dan apa yang mungkin tak bisa kamu lakukan sebagai wanita dalam memberikan contoh. Ia perlu familiar dengan kegiatan olahraga dan kegiatan yang bersifat maskulin lainnya.

Tunjukkan bagaimana ibunya adalah wanita yang kuat

Kamu perlu memberikan gambaran bahwa wanita bukan makhluk yang lemah, apalagi ketika kamu harus membesarkan anakmu sendiri. Berikan ia pemahaman bahwa wanita bisa sebaik pria dan perlunya ia menghormati wanita.

Terbiasalah dengan semua “hal-hal berbau laki-laki”

Karena ia terlahir berbeda jenis kelamin, kamu pun harus membiasakan ada banyak “boy stuff” di rumah. Nonton Superman, Batman, playstation, sepak bola dan lain sebagainya. Kamu pasti tak ingin anak laki-lakimu main boneka tau Barbie di rumah kan?

Membesarkan anak laki-laki sebagai single parent pasti punya ups and downs tersendiri. Pastikan ia tak kehilangan kasih sayang yang ia butuhkan dan peran orangtua yang lengkap meski berbeda dengan anak-anak lainnya.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: