9 Hal Penting Sebelum Mendongeng

Dalam proses tumbuh kembangnya, seorang anak sangatlah membutuhkan ikatan emosional dengan kedua orang tuanya. Ikatan emosi yang dijalin antara orang tua dan anak sejak dini ini akan berguna dalam pembentukan karakter anak nanti. Tak hanya itu, kedekatan orang tua dan anak juga akan memengaruhi kecerdasan anak.

Seiring dengan pertumbuhan anak, ikatan emosional ini dapat berkembang melalui beberapa hal yang dilakukan orang tua sehari-hari, yang salah satunya dengan mendongeng atau bercerita. Sehingga, sangat wajar jika dikatakan bahwa orang tua merupakan pendongeng terbaik bagi anak-anaknya.

Ini hal-hal yang harus diketahui orang tua sebelum mendongeng :

1. Percaya diri dan memiliki kemauan untuk mendongeng

2. Punya referensi cerita. Orang tua yang peduli akan tumbuh kembang anak-anaknya dan mau mendongeng sebaiknya punya koleksi cerita yang cukup banyak, baik cerita atau dongeng yang memiliki konten pembangunan karakter, wawasan atau pengetahuan, hingga cerita yang hanya sebagai media menghibur saja.

3. Tontonlah aksi-aksi pendongeng profesional di atas panggung. Dengan melihat aksi para pendongeng profesional atau pun guru-guru di kelas ketika membacakan , orang tua bisa belajar sekaligus melakukan observasi, sehingga menjadi lebih percaya diri.

4. Biasakan diri Anda. Bisa mendongeng itu biasa, tetapi bila Anda biasa mendongeng, itu baru luar biasa.

5. Perhatikan aspek utama mendongeng, yaitu suara. Sesungguhnya, mendongeng adalah metode penyampaian cerita dengan cara bertutur kata. Itu sebabnya, suara merupakan aspek utama yang harus dikuatkan, baik suara narasi maupun suara penokohan. Media peraga adalah aspek pendukung saja. sehingga bila ingin menggunakan alat peraga, haruslah dipikirkan apakah alat peraga tersebut benarbenar bisa mendukung atau tidak. Jangan sampai, ketika menggunakan alat peraga, justru akan membingungkan anak-anak. Jika ingin menggunakan alat peraga, sebaiknya gunakan gambar atau boneka yang menyerupai bentuk aslinya sehingga akan benar-benar merangsang imajinasi anak-anak.

6. Masukkan unsur khayalan. Anak-anak sering berkhayal, terutama setelah ia menonton fi lm. Dongeng khayalan dari orang tua bisa jadi penyeimbang tayangan-tayangan khayalan tersebut. Tentu saja, sisipi juga dengan penjelasan-penjelasan yang mudah dicerna oleh anak, ya. Kadangkala, cerita khayalan ini juga bisa membangkitkan daya imajinasi anak untuk mencipta. Misalnya, ketika anak memegang mobil, ia bisa saja berkhayal dan menggerakkan mobil dengan tangannya untuk terbang. Nah, siapa tahu suatu hari nanti ia akan terpikir menciptakan mobil terbang, kan?

7. Lakukan di mana saja dan kapan saja. Mendongeng adalah aktivitas berkomunikasi antara orang tua dengan anak, atau guru dengan muridnya. Jadi, mendongeng tak dibatasi ruang dan waktu. Kapan saja bisa Anda lakukan, asalkan disesuaikan materinya. Misal, saat berada di bandara melihat pesawat, Anda bisa mendongeng tentang dunia penerbangan. Jadi, jangan asyik dengan gadget. Simpan gadget rapat-rapat saat bersama anak, hanya pegang gadget saat berdering tanda telepon masuk. Notifikasi media sosial untuk sementara diabaikan dahulu.

8. Gestur dan intonasi penting. Bila mendongeng dilakukan datar-datar saja, maka itu tak ubahnya seperti Anda sedang berbicara kepada anak. Hal inilah yang akan membuat anak-anak akan cepat merasa bosan. Gerak tubuh, mimik, dan perubahan suara untuk menggambarkan penokohan sangat dinanti-nanti oleh anak-anak usia dini saat mendengarkan cerita. Inilah bagian paling mengasyikkan dari mendengarkan dongeng.

9. Dongeng tidak hanya menyenangkan, tetapi juga harus memiliki kekuatan pesan. Ibarat makanan, tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga harus menyehatkan.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: