Ajari Anak Dengan Metode Active Learning

Tahukah Anda metode active learning dalam dunia pendidikan? Active learning itu metode pembelajaran yang melibatkan anak sebagai pesera didik yang aktif.

Metode active learning atau pembelajaran aktif ini penting untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Dalam metode ini, anak tidak hanya diajarkan dan disuruh melihat atau hanya mendengarkan, namun harus turut serta melakukan kegiatan yang tengah diajarkan kepada anak.

“Jadi memang optimal, ketika semua indera kita bekerja untuk mengolah informasi. Kalau dikerjakan tentunya punya pemahaman dibandingkan hanya dengan melihat dan mendengar, ” kata Ajeng Raviando, psikolog anak dari Universitas Indonesia.

Menurutnya,  metode active learning sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Active learning ini penting untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Namun, lanjut Ajeng,  ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan sebelum menerapkannya pada anak agar mencapai hasil yang maksimal. Pertama, adalah kesiapan dari anak itu sendiri, atau yang disebut dengan law of readines atau kesiapan penerimaan dari anak itu sendiri.

“Kita harus perhatikan law of readines dari anak, ini penting, karena kesiapan dari anak bisa memperlancar hubungan antara stimulus dan respons ketika menerapkan active learning,” katanya.

Selanjutnya, suatu proses pembelajaran juga tidak bisa hanya dilakukan dalam satu kali, tapi mesti dilatih berulang-ulang. ” Dengan adanya pengulangan, anak akan semakin mudah mengerti dan memahami apa yang diajarkan. Jangankan anak, kita saja kadang mesti berkali-kali supaya ingat,” tambahnya

Sedangkan yang terakhir menurut Ajeng, adalah law of effect, atau hasil yang ditimbulkan dari pembelajaran aktif tadi. Menurutnya, anak harus merasa nyaman dan senang ketika  menjalani pembelajaran tadi.

“Jadi hubungan antara stimulus dan respons akan menjadi lebih baik, jika dapat menimbulkan hal yang menyenangkan.  Hal ini akan selalu diulang kalau itu menyenangkan. Makanya orang tua harus tepat memilih cara belajar yang menyenangkan bagi anak,” tambah dia.

Sebagai gambaran mengenai metode active learning, orang tua mengajak anak-anak menemukan dan mempelajari hal-hal yang baru.

Misalnya, mengajak anak berlibur ke lokasi perkebunan kopi. Di sana, anak dikenalkan dengan buah kopi tersebut, lalu menjelaskan proses pembuatan kopi, hingga bubuk kopi siap untuk disajikan.

Cara lain, juga di gunung, anak-anak dilatih untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, mengajarkan anak untuk menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

About Author

Related posts

Cara Mengenali Dan Menyikapi Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda? Tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, Anda perlu memahami...

Read More

Tips Hadapi Anak Lain Yang Berprilaku kasar

Anak Mama tentu pernah bermain bersama temannya, entah itu di sekolah, taman, atau mal. Jika anak melakukan kesalahan misalnya berkata kasar atau berkelahi dengan anak lain, sebagai orangtua, Mama tentu akan langsung mendisiplinkannya. Namun bagaimana jika anak orang lain yang berperilaku kasar atau buruk? Apa yang harus Mama lakukan...

Read More

Menyembuhkan Kenakalan Anak Dengan Terapi Kesenian

Belum banyak yang tahu, perilaku anak nakal sebenarnya bisa disebabkan karena suatu kondisi mental yang disebut oppositional defiant disorder (ODD). Sama seperti kondisi mental lainnya, ODD bisa disembuhkan. Salah satunya, dengan art therapy atau terapi seni. Teknik yang digunakan dalam art therapy, bertujuan untuk membuat anak dapat mengekspresikan dirinya....

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: