Apa Saja Manfaat Ajarkan Torleransi Pada Anak?

Memperkenalkan sikap toleransi ke anak sejak dini ternyata bisa bermanfaat lho, Ma. Orangtua memiliki peran penting untuk menanamkan sikap toleransi kepada anak. Salah satunya bisa membentuk pribadi yang lebih positif.

Memang tidak mudah untuk mengajarkan sikap seperti ini ke anak. Namun, dengan berbagai cara yang ada pasti Mama pelan-pelan bisa memperkenalkan sikap toleransi. Untuk Mama yang belum mengetahui keuntungan dari sikap toleransi. Berikut rangkuman yang perlu Mama ketahui.

  1. Lebih memaknai perbedaan

Semakin bertambah usia, si Anak akan semakin mengenal banyak perbedaan yang ada di sekitar mereka. Untuk itu peran Mama harus bisa menjelaskan dengan baik tentang ragam perbedaan. Berikan pemahaman tentang perbedaan agama, suku, budaya, gender dan beberapa hal lainnya.

Pemahaman yang Mama berikan bukan sekedar ucapan yang didengarkan si Anak saja lho. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Pemahaman ini juga membantu proses berpikirnya sehingga menjadi lebih memahami perbedaan.

Sikap toleransi akan membuatnya mampu menghargai perbedaan yang ada di dalam diri orang lain. Selain itu, dirinya juga bisa membuka diri terhadap pandangan dan keyakinan baru tanpa perlu membeda-bedakan.

  • Memahami keadaan orang lain

Pemahaman yang Mama berikan mengenai sikap toleransi bisa membentuk pola pikir si Anak menjadi lebih positif. Di dalam lingkungan sosial nanti, ia bisa menunjukkan pengertiannya pada orang lain. Ia akan terdorong untuk menolong teman-temannya tanpa melihat perbedaan yang ada.

Sikap tolerasi yang diajarkan ke anak juga membuat dirinya berpikir kalau perbedaan itu bukanlah suatu kesalahan. Justru perbedaan itu indah, harus dihargai dan dimengerti sebagai bentuk keberagaman hidup.

Saat berteman, si Anak bisa bersikap toleran dan mengulurkan tangannya ke teman yang memiliki masalah. Dirinya bisa berani menunjukkan kepedulian dan perasaan ketidaksenangan terhadap orang lain yang sedang meremehkan atau menghina temannya.

Dari sikap toleransi yang Mama ajarkan ternyata bisa membuat pribadi anak menjadi lebih positif.

  • Bisa menahan diri dalam bertindak

Disadari atau tidak, sebenarnya sikap toleransi itu menjadi salah satu kunci sukses si Anak dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Bisa dikatakan kalau toleransi itu menjadi awal dari sikap menerima kenyataan kalau di sekelilingnya ada banyak perbedaan.

Untuk itu nih Ma, pemahamanan tentang sikap toleransi harus dilakukan sejak kecil. Tujuannya agar semakin beranjak dewasa, si Anak bisa mengaplikasikannya saat hidup bermasyarakat.

Zaman sekarang hanya dengan ucapan saja banyak orang yang mudah tersinggung. Dengan memiliki sikap toleransi yang diajarkan Mama, si Anak jadi bisa belajar bertutur kata yang baik dan benar lho, Ma. Dirinya jadi lebih bisa menahan diri untuk berkomentar sesuatu yang mungkin akan melukai seseorang atau kelompok lain.

  • Menciptakan ketentraman

Peran orangtua memang dibutuhkan untuk menjadikan si Anak menjadi pribadi yang lebih positif. Apalagi jika ia diajaran sikap toleransi, sehingga dirinya bisa lebih berpikir terbuka dan berempati terhadap perbedaan yang ada.

Jika semua anak bisa diajarkan ke tentang pemahaman mengenai sikap toleransi. Tidak akan ada lagi sikap saling mengejek, merendahkan hingga mempermasalahkan perbedaan di sekitar. Dengan begitu seharusnya akan terciptanya suasana aman, tentram dan damai.

  • Mempererat tali silaturahmi

Beberapa orang menganggap perbedaan menjadi suatu masalah, ini karena tidak adanya rasa toleransi. Permasalahan perbedaan iniah yang memicu perpecahan dan peperangan.

Untuk itu, si Anak perlu ditumbuhkan rasa toleransi agar ada kesadaran dalam diri terhadap rasa saling menghormati dan menghargai. Dengan begitu rasa damai akan mungkin, sehingga semakin mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan antara sesama individu atau kelompok.

Bagaimana Ma, sudah menyadari kan kalau sikap toleransi itu ternyata bisa membentuk pola pikir anak mama?

Kalau sikap toleransi sudah dimiliki si Anak, hubungan dirinya dengan lingkungan sosial pasti akan lebih indah. Apalagi kalau dirinya sudah mengerti kalau di dunia ini selalu ada perbedaan.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: