Apakah Anak Anda Gemar Duduk Posis W?

Apakah anak Anda sering duduk dalam posisi seperti huruf W, yakni lutut ditekuk dan kaki ke belakang dengan arah menyamping atau keluar, baik kaki kiri maupun kaki kanan (Tepatnya lihat foto) ? Posisi ini sering membuat nyaman anak-anak biasanya saat nonton televisi atau bermain dengan teman-temannya.

Menurut dokter dan ahli terapi Connie Challoner, bila posisi W ini dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang atau sering, berpotensi menyebabkana masalah ortopedi dan mempengaruhi postur tubuh, yakni sulit untuk memiliki postur tubuh yang tegak saat dewasa kelak.

“Posisi ini memicu tekanan berlebih pada pinggul dan menghambat bagian otot pinggul, punggung dan perut. Selain itu, kebiasaan ini juga berdampak buruk pada pergelangan kaki, lutut dan stabilitas inti, “katanya seperti yang dilansir dari Mirror.

Posisi duduk ini, kata Connie, juga dapat menyebabkan persendian, keseimbangan dan keterampilan motorik anak melemah. Connie pun menyarankan agar orangtua segera memperbaiki posisi duduk anak-anak. Salah satunya dengan duduk bersila atau kaki yang diluruskan.

Ahli ortopedi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, mengatakan hal yang sama,  bahwa kebiasaan duduk W akan mendorong kondisi yang disebut dengan internal rotation atau sendi yang terputar menuju arah dalam.

“Di ortopedi kita menyebutnya internal rotation. Posisi ini bila terulang dan waktunya lama menyebabkan proses pembentukan panggul menjadi cenderung berlebihan,” kata dr Faturachman, seperti yang dilansir detikHealth..

“Dampaknya, apabila berjalan, posisi kakinya bengkok ke dalam,” lanjutnya.

Walaupun dari segi medis, tambahanya,  sebetulnya tak ada yang berbahaya, hanya saja anak akan jadi lebih terhambat kemampuan motoriknya. Pada usia empat sampai delapan tahun bisa menghalangi anak untuk lincah bergerak.

About Author

Related posts

5 Penyebab Karies Gigi pada Anak

Kesehatan gigi pada anak termasuk salah satu yang sering dijaga dengan baik. Tak jarang orangtua selalu mengingatkan anaknya untuk selalu membersihkan gigi karena kesehatan gigi dan mulut begitu penting. Karies gigi menjadi permasalahan yang mudah dialami oleh anak kecil karena telah lalai menjaga kebersihan gigi. Karies gigi adalah salah...

Read More

Perkembangan Fisik Anak Usia 3 Tahun

Di usia 3 tahun, umumnya anak telah memiliki satu set gigi susu yang lengkap. Yang terakhir muncul biasanya adalah gigi geraham yang tumbuh antara usia 23 hingga 33 bulan. Gigi susu ini tidak akan tanggal hingga minimal usia 5 tahun sampai nantinya anak berusia 7 tahun. Untuk itu, sangat...

Read More

Si Kecil Juga Butuh Me Time

Menjadi orangtua, pastinya akan membuat Mama ingin selalu berdekatan dengan anak, bukan? Tak hanya selalu ingin dekat dengannya, Mama juga ingin selalu ada bersamanya saat senang maupun susah. Tidak apa kok Ma, memang seperti itulah naluri seorang Mama pada anaknya. Namun jangan terlalu sering bersikap demikian pada si Kecil...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: