Bagaimana Menjadi Orangtua Muda Nan Cerdas?

Buat orang-orang yang menikah di usia muda, sudah memiliki buah hati lantas menjaga buah hati bersama suami sendiri adalah suatu hal yang sangat menyenangkan juga membanggakan. Apalagi, jika untuk mengurus buah hati yang masih bayi di usia muda bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa campur tangan orang tua, mertua atau baby sitter.

Tak hanya sebagai aktivitas yang begitu mengesankan dan membanggakan, mengurus buah hati yang masih bayi hanya dengan suami adalah suatu pelajaran yang begitu berharga. Khususnya, hal ini dilakukan oleh orang tua muda yang minim pengalaman sebagai orang tua atau mengurus bayi sebelumnya. Atau dalam artian bahwa buah hati di keluarga kecil ini merupakan buah hati pertama dan ini merupakan pengalaman pertama bagi orang tua untuk merawat bayi.

Di tengah-tengah era yang semakin modern dan semakin mudahnya buat orang tua muda dalam menemukan baby sitter untuk buah hati, orang tua muda yang merelakan masa mudanya untuk merawat buah hati sendiri hanya bersama pasangan adalah suatu hal yang sangat mengagumkan. Belum lagi, ditambah bahwa kedua orang tua merupakan orang-orang modern masa kini yang juga memiliki kesibukan sebagai mahasiswa atau wanita karir dan tak pernah putus asa untuk mendapatkan pendidikan yang jauh lebih tinggi.

Menurut seorang sahabat yang juga sedang merawat buah hatinya yang masih bayi bersama suami dan ia berada di luar kota yang jauh dari keluarganya atau keluarga suami, menjadi orang tua muda yang mandiri lagi cerdas buat buah hati adalah suatu hal yang tak mudah untuk dilakukan.

Meski begitu, sebagai orang tua ia mengaku bahwa ia tetap harus menjadi orang pertama yang menjaga dan merawat buah hati dengan penuh keikhlasan dan juga kesabaran. Dari pengalamannya ini, ia bahkan kini telah belajar banyak bahwa menjadi orang tua mandiri bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi, mengingat bahwa ia dan suami adalah orang tua muda yang baru pertama kali dihadapkan pada aktivitas mengurus, menjaga dan merawat bayi.

Untuk bisa menjadi orang tua muda yang mandiri lagi cerdas, tekad yang kuat dan keyakinan bahwa ia juga buah hati akan baik-baik saja meski jauh dari orang tua atau mertua adalah suatu keyakinan yang harus ditancapkan dalam hati. Sementara itu, mengenai keahlian dalam merawat bayi hal ini akan menjadi semakin baik seiring dengan berjalannya waktu dan seiring dengan banyaknya pengalaman yang dilalui sehari-hari.

Kalau pun memang ada suatu hal yang belum dimengerti mengenai perawatan bayi, orang tua muda yang mandiri lagi cerdas tidak jarang akan belajar dari berbagai buku atau juga mencari informasi di internet. Jika memang keduanya telah putus asa karena bayi atau buah hati rewel dan mengalami suatu hal yang membuat perasaan khawatir, barulah orang tua muda ini akan menghubungi orang tua atau mertua guna mendapatkan bantuan.

Selama diniati dengan penuh keikhlasan, menjadi orang tua muda yang aktif mengurus buah hati sendiri tanpa mengganggu aktivitas lainnya sebagai pekerja atau mahasiswa sebenarnya adalah hal yang bisa dilakukan dengan baik. Atau, bisa juga dilakukan dengan mudah dan mengesankan.

Buat kamu orang tua muda atau calon orang tua muda di manapun berada, selamat menikmati kesibukan sebagai orang tua. Pastikan bahwa kamu dan pasangan akan menjadi orang tua yang mandiri lagi cerdas buat buah hati. Sesibuk apapun aktivitas kamu di luar rumah, pastikan untuk selalu menjaga keharmonisan rumah tangga dan rawat buah hati dengan sangat baik juga dengan  sepenuh hati. Sadar atau tidak, peran orang tua dalam membentuk anak-anak yang cerdas, sopan, santun lagi membanggakan buat keluarga juga lingkungan sekitar sangat penting dan diperlukan.

About Author

Related posts

5 Penyebab Karies Gigi pada Anak

Kesehatan gigi pada anak termasuk salah satu yang sering dijaga dengan baik. Tak jarang orangtua selalu mengingatkan anaknya untuk selalu membersihkan gigi karena kesehatan gigi dan mulut begitu penting. Karies gigi menjadi permasalahan yang mudah dialami oleh anak kecil karena telah lalai menjaga kebersihan gigi. Karies gigi adalah salah...

Read More

Perkembangan Fisik Anak Usia 3 Tahun

Di usia 3 tahun, umumnya anak telah memiliki satu set gigi susu yang lengkap. Yang terakhir muncul biasanya adalah gigi geraham yang tumbuh antara usia 23 hingga 33 bulan. Gigi susu ini tidak akan tanggal hingga minimal usia 5 tahun sampai nantinya anak berusia 7 tahun. Untuk itu, sangat...

Read More

Si Kecil Juga Butuh Me Time

Menjadi orangtua, pastinya akan membuat Mama ingin selalu berdekatan dengan anak, bukan? Tak hanya selalu ingin dekat dengannya, Mama juga ingin selalu ada bersamanya saat senang maupun susah. Tidak apa kok Ma, memang seperti itulah naluri seorang Mama pada anaknya. Namun jangan terlalu sering bersikap demikian pada si Kecil...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: