Berapa Harga Mainan Yang Baik Bagi Anak?

Kita tentunya menyadari bahwa mainan yang mahal bukanlah mainan yang terbaik bagi anak-anak. Jika pun mainan mahal ini saya belikan dengan mengeluarkan banyak uang, maka saya sudah tahu apa yang akan terjadi. Mainan mahal itu hanya akan dimainkan 1-5 hari. Selanjutnya anak bosan, kemudian mainan itu akan dilempar ke gudang.

Di sini kita tahu, yang dibutuhkan anak terhadap mainan bukan harganya yang mahal. Tapi seberapa menarik mainan itu. Jika kita bisa membuat konsep bermain mainan yang menarik, maka anak-anak tidak membutuhkan mainan yang mahal. Maka, untuk menangani kejadian anak merengek meminta mainan mahal,  kita harus bisa mendesain mainan yang menarik bagi anak dengan langkah sebagai berikut.

Pertama, ceritakan mainan itu dengan tambahan imajinasi. Maksudnya, jika kita akan mengajak anak bermain dengan mainan yang sudah dibuat atau dibeli dengan harga yang murah, maka ceritakan dengan tambahan imajinasi tentang mainan itu. “Ini namanya mobil-mobilan kulit jeruk. Ayah dulu waktu kecil bermain dengan mainan ini. Ini ciptaan Mbah Buyut kita. Mainan yang bisa membuat buah jeruk bali rasanya enak. Jika kita sudah bermain dengan mobil kulit jeruk bali ini, terus kita makan buah jeruknya, maka buah jeruknya akan teras manis sekali.”  Mata anak-anak akan berbinar. Permainan yang murah dan sederhana ini akan menjadi ajaib, karena sudah bercampur imajinasi yang mengesankan.

Kedua, kita membuat alur permainan yang menarik. Jika kita sudah meyakinkan anak dengan tambahan imajinasi, maka tugas kita selanjutnya membuat sistem permainan yang seru dan mengesankan. Kenalkan berbagai permainan yang bisa dimainkan anak dengan mainan itu. Misal, mobil-mobilan dari kulit jeruk itu bisa digunakan untuk bermain balapan, bermain untuk mengangkut batu dan pasir, bisa untuk bermain gandengan, bisa untuk bermain tabrak-tabrakan, dan lain sebagainya. Anak kemudian akan memainkan beragam permainan dari mainan yang murah itu.

Ketiga, kita harus terlibat dalam kegiatan bermain anak. Paling tidak, saat kita mempunyai waktu luang, coblah bergabung dengan anak-anak untuk ikut bermain. Kita harus rela menjadi supir, menjadi kuda tunggangan, sampai rela diperintahkan anak saat bermain, maka anak pasti akan senang sekali. Anak akan merasakan sensasi bahagia bermain dengan ayah dan ibunya. .

Saat melihat mainan mahal, anak meminta, kita cukup menjelaskan “Mainan itu mahal dan tidak asyik. Ayah dan ibu bisa membuat mainan yang lebih asyik dari itu.” Anak-anak kita akan percaya. Ini yang saya rasakan. Sekalipun saya memiliki empat anak kecil, tetapi di rumah tidak ada mainan yang mahal.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: