Apakah Anda orang tua yang memiliki anak yang memasuki usia remaja? Ingatkah Anda saat masa remaja dulu? Seperti halnya Anda disaat remaja, anak Anda yang sudah memasuki masa remaja, juga berada dalam fase hidup dan kehidupan yang sangat membutuhkan peran dan perhatian Anda selaku orang tua.

Waspadai fakta-fakta seputar remaja yang memerlukan kehadiran Anda sebagai orang tua.

Tergantung hape

Perhatikan, saat ini, dimanapun dan siapapun, remaja sangat gemar berkomunikasi lewat media sosial seperti facebook, twitter, path, BBM, dan sebagainya. Bagi remaja saat ini, mengirim sms dan chatting hampir seperti bernafas. Semua media komunikasi ini menjadikan mereka tidak lagi peduli dan tidak menyukai perhatian yang diberikan orang tua. Kini, bagi mereka, semua orang dewasa itu kuno dan ketinggalan zaman.

Apabila dilihat lebih dalam, percakapan remaja sering berisikan bagaimana hancurnya hari mereka, bagaimana mereka mengeluh tentang perlakukan orang tuanya. Mereka sebenarnya sangat rentan di dalam, meskipun terlihat kuat dan terkesan sombong dari luar. Mereka sebenarnya hanya menginginkan hal-hal yang berbeda, tapi tidak tahu bagaimana melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua sebenarnya memiliki peran penting untuk menanamkan hubungan dan aturan hidup yang jelas dan tidak abu-abu.

Malas makan

Susah makan merupakan krisis yang sangat umum terjadi pada remaja. Bagi remaja perempuan, seringkali masalah susah makan justru diasosiasikan dengan diet. Untuk para orang tua, persoalan remaja yang susah makan bukanlah sebuah masalah biasa. Ketika remaja susah makan, Anda harus sangat berhati-hati dan bahkan meminta pendapat profesional apabila diperlukan.

Mencontek

Dengan dukungan internet yang sangat kuat, remaja menjadi sangat rentan terhadap tindakan mencontek. Mereka berpikir bahwa suatu tindakan tidaklah melanggar hukum apabila tidak ketahuan. Mereka sama sekali tidak melihat kontradiksi ataupun sesuatu hal yang salah dari mencontek. Hal ini bukanlah hal sederhana; mencontek merupakan tindakan yang jauh dari moralitas yang sehat.

About Author

Related posts

Cara Mengenali Dan Menyikapi Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda? Tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, Anda perlu memahami...

Read More

Tips Hadapi Anak Lain Yang Berprilaku kasar

Anak Mama tentu pernah bermain bersama temannya, entah itu di sekolah, taman, atau mal. Jika anak melakukan kesalahan misalnya berkata kasar atau berkelahi dengan anak lain, sebagai orangtua, Mama tentu akan langsung mendisiplinkannya. Namun bagaimana jika anak orang lain yang berperilaku kasar atau buruk? Apa yang harus Mama lakukan...

Read More

Menyembuhkan Kenakalan Anak Dengan Terapi Kesenian

Belum banyak yang tahu, perilaku anak nakal sebenarnya bisa disebabkan karena suatu kondisi mental yang disebut oppositional defiant disorder (ODD). Sama seperti kondisi mental lainnya, ODD bisa disembuhkan. Salah satunya, dengan art therapy atau terapi seni. Teknik yang digunakan dalam art therapy, bertujuan untuk membuat anak dapat mengekspresikan dirinya....

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: