Apakah Anda orang tua yang memiliki anak yang memasuki usia remaja? Ingatkah Anda saat masa remaja dulu? Seperti halnya Anda disaat remaja, anak Anda yang sudah memasuki masa remaja, juga berada dalam fase hidup dan kehidupan yang sangat membutuhkan peran dan perhatian Anda selaku orang tua.

Waspadai fakta-fakta seputar remaja yang memerlukan kehadiran Anda sebagai orang tua.

Tergantung hape

Perhatikan, saat ini, dimanapun dan siapapun, remaja sangat gemar berkomunikasi lewat media sosial seperti facebook, twitter, path, BBM, dan sebagainya. Bagi remaja saat ini, mengirim sms dan chatting hampir seperti bernafas. Semua media komunikasi ini menjadikan mereka tidak lagi peduli dan tidak menyukai perhatian yang diberikan orang tua. Kini, bagi mereka, semua orang dewasa itu kuno dan ketinggalan zaman.

Apabila dilihat lebih dalam, percakapan remaja sering berisikan bagaimana hancurnya hari mereka, bagaimana mereka mengeluh tentang perlakukan orang tuanya. Mereka sebenarnya sangat rentan di dalam, meskipun terlihat kuat dan terkesan sombong dari luar. Mereka sebenarnya hanya menginginkan hal-hal yang berbeda, tapi tidak tahu bagaimana melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua sebenarnya memiliki peran penting untuk menanamkan hubungan dan aturan hidup yang jelas dan tidak abu-abu.

Malas makan

Susah makan merupakan krisis yang sangat umum terjadi pada remaja. Bagi remaja perempuan, seringkali masalah susah makan justru diasosiasikan dengan diet. Untuk para orang tua, persoalan remaja yang susah makan bukanlah sebuah masalah biasa. Ketika remaja susah makan, Anda harus sangat berhati-hati dan bahkan meminta pendapat profesional apabila diperlukan.

Mencontek

Dengan dukungan internet yang sangat kuat, remaja menjadi sangat rentan terhadap tindakan mencontek. Mereka berpikir bahwa suatu tindakan tidaklah melanggar hukum apabila tidak ketahuan. Mereka sama sekali tidak melihat kontradiksi ataupun sesuatu hal yang salah dari mencontek. Hal ini bukanlah hal sederhana; mencontek merupakan tindakan yang jauh dari moralitas yang sehat.

About Author

Related posts

Ketika Anak Perempuan Malu dengan Bentuk Tubuhnya

Sebuah survei menunjukkan, usia rata-rata di mana anak perempuan pertama kali sadar mengenai tubuhnya semakin muda yaitu pada umur 9-10 tahun. Di umur ini, anak perempuan mulai berbicara tentang fakta bahwa beberapa anak di kelasnya “memiliki perut” dan beberapa tidak. Dan walaupun kedengarannya masih muda untuk mengkhawatirkan soal perut...

Read More

Mom, Kenali Penyebab Sariawan pada Si Kecil !

Sariawan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja karena penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. Sariawan sendiri akan muncul di area lidah, bibir, atau di berbagai area bagian dalam mulut. Secara umum, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak yang sariawan, umumnya...

Read More

Kapan Suara Si Jagoan Kecil Berubah?

Masa pubertas adalah masa penting dalam kehidupan seseorang karena di masa ini, seorang anak mengalami begitu banyak perubahan dalam hidupnya. Tak terkecuali perubahan fisik. Masa pubertas datangnya tak dapat diprediksi, baik itu pada anak lelaki maupun perempuan. Tetapi, sesungguhnya tanda-tandanya bisa terlihat. Pada anak lelaki, salah satunya adalah lewat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: