Buah Hati Anda Grogi Sebelum Ujian di Sekolah?

Jika memiliki anak yang sedang bersekolah, tentu ujian jadi hal yang sangat penting bagi si anak. Nah, ujian ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa cemas pada si kecil. Bahkan tak sedikit yang sampai stres dan ketakutan memikirkan ujian ini. Ujian menjadi hal yang sangat penting di jaman kompetisi seperti ini. Karenanya peran orang tua sangat penting untuk membuat anak tak merasa tertekan atau grogi saat akan mengerjakan ujian di sekolah mereka.

Mengerjakan ujian sekolah dengan baik dianggap berkaitan langsung dengan keberhasilan mereka di masa depan. Ketakutan terhadap rasa gagal saat mengerjakan ujian ini akan menimbulkan kecemasan yang ekstrim, rendah diri, depresi, agresi dan bahkan kecenderungan bunuh diri. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak melewati fase ini.

  • Tips pertama yang bisa Mommy lakukan adalah dengan menemani mereka belajar. Tak perlu memberikan banyak masukan, ini akan malah menekan mereka. Jika anak adalah tipikal yang tak suka ditemani maka dukunglah dengan memberikan camilan atau minuman kesukaan mereka sebagai teman belajar. Dengan begini mereka akan lebih enjoy. Yakinkan pula bahwa ujian bukan hal yang menakutkan sehingga mereka lebih bisa mengerjakannya tanpa beban.
  • Jangan membebani anak dengan pekerjaan rumah saat mereka sedang melaksanakan ujian. Berikanlah waktu seluang-luangnya untuk mereka fokus belajar.
  • Bantu anak menyusun jadwal agar lebih mudah dalam belajar. Sediakan pula fasilitas yang mereka butuhkan untuk fokus belajar.
  • Jangan pula menuntut mereka untuk mendapatkan nilai sempurna. Tekanan dari orang tua agar mereka mendapatkan nilai bagus justru hanya akan membuat mereka stres dan grogi sebelum ujian.
  • Buang jauh kebiasaan menghukum anak saat mereka mendapatkan nilai yang buruk. Ini akan membuat mereka merasa tertekan setiap mengerjakan ujian.
  • Berikan waktu bermain untuk anak-anak agar mereka tak terlalu stres memikirkan ujian dan pelajaran di sekolah.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips mudah yang bisa Mommy lakukan untuk mendukung si kecil agar tak sampai stres saat menjalani ujian di sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: