Cara Mudah Belajar Membaca Anak TK

Belajar membaca anak tk – mengajari anak untuk bisa membaca memang suatu hal yang harus diperhatikan dengan benar, mengingat jika si anak sudah masuk usia sekolah taman kanak – kanak (TK), ia dituntut untuk bisa membaca dan juga menulis. Namun sebagai seorang orang tua, anda tidak hanya mengandalkan kegiatan belajar yang terjadi di sekolah agar bisa meningkatkan kemampuan sang anak dalam hal membaca dan juga menulis. Oleh sebab itu, di rumah juga orang tua harus bisa mengajari anak membaca. Hal ini dikarenakan jika si anak tidak dapat membaca, maka menulis juga akan mengalami kesulitan.

Ketika sudah berada di rumah, akan lebih baik jika orang tua membahas kembali dan mengulangi pelajaran yang sudah diajarkan pada saat di sekolah. Dalam mengajari anak untuk membaca tentunya harus sabar dan juga memerlukan metode yang menyenangkan agar si anak lebih tertarik untuk belajar.

Tentunya dalam mengajari anak ada kendala – kendala tersendiri yang kerap dihadapi orang tua. Untuk mengajari anak TK agar bisa lancar membaca sebaiknya orang tua memperhatikan hal – hal yang harus dihindari dan juga hal – hal yang harus dilakukan.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Mengajarkan Anak

Anak yang baru memasuki sekolah pasti moody, dimana sang anak senang belajar dan juga mudah bosan belajar. Untuk itu saat mengajari anak belajar membaca, sebaiknya orang tua menghindari hal – hal berikut ini:

  • Dalam mengajari anak belajar membaca, sebaiknya jangan terlalu memaksa sang anak
  • Karena anak baru mulai memasuki usia sekolah, akan lebih baik jika diajari membaca dengan kata – kata yang mudah dan jangan menggunakan huruf abjad yang rumit
  • Dalam mengajari anak membaca jangan terlalu sering memberikan sang anak test yang dapat membuatnya menjadi cepat merasa bosan
  • Jika suasana tidak mendukung untuk mengajari anak membaca, sebaiknya tunggu beberapa saat hingga keadaan kembali membaik

Hal Yang Harus Dilakukan

  • Saat mengajari anak belajar membaca, sebaiknya gunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan juga menghibur agar si anak tidak merasa jenuh dan merasa tertarik untuk belajar
  • Karena anak usia sekolah TK sangat sulit dikendalikan, maka sebaiknya orang tua membuat suasana hati sang anak senang dan nyaman saat belajar membaca dengan orang tua

Cara Menyenangkan Mengajarkan Anak Membaca

Untuk mengajari anak belajar membaca agar ia tidak merasa bosan dan menyenangkan, berikut adalah beberapa cara mengajarkan anak TK membaca yang menyenangkan:

  • Membaca dengan Bernyanyi

Salah satu cara yang dapat dilakukan dan merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan membaca sambil bernyanyi. Pada umumnya orang tua akan mengajarkan anaknya belajar mengenal abjad dari A – Z dengan cara dinyanyikan, sehingga dengan demikian akan membuat anak menjadi mudah menghafal.

  • Membaca dengan Media Elektronik

Cara berikutnya ialah dengan memberikan anak video tentang huruf abjad atau juga angka. Selain itu juga bisa dengan memainkan permainan abjad atau angka yang sekarang sudah bisa orang tua download di gadget. Dengan demikian sang anak akan merasa tertarik untuk belajar membaca.

  • Dengan Flash Card

Menggunakan media kartu bergambar atau flash card ini memang terbukti efektif untuk mengajarkan anak agar bisa membaca dan menghafal huruf. Flash card tidak melulu hanya tulisan saja, banyak variasi lainnya seperti gambar buah, hewan, dan lainnya. Namun jika anda orang tua kreatif, anda bisa membuatnya sendiri dengan menyertakan tulisan pada gambar yang dibuat.

Demikianlah cara mudah belajar membaca anak tk. Semoga dapat bermanfaat

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: