CaraMudah Membuat Anak Suka Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siapa pun, termasuk anak-anak hingga orang tua. Melalui membaca, seseorang akan mempunyai pengetahuan yang terbuka dan semakin luas. Inilah alasan mengapa membaca dikatakan sebagai jendela dunia. Kita bisa mulai merangsang buah hati untuk mulai menggemari kegiatan ini.

Berawal dari hal kecil seperti membacakan cerita untuk anak secara rutin, ini akan menarik minat mereka pada buku. Bagaimana cara membiasakan diri anak agar gemar membaca? Empat cara ini jawabannya.

1. Seringlah membacakan buku

Kebiasaan kecil seperti membacakan buku cerita kepada anak adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain dapat memunculkan ketertarikan mereka untuk membaca, kebiasaan ini juga bisa mengembangkan imajinasi dan daya ingat anak. Menjelang tidur, silahkan bacakan cerita untuk anak. Tidak hanya itu, Kita juga bisa membelikan beberapa buku pada si kecil dan jadikan buku sebagai mainan pertamanya. Buatlah suasana yang nyaman ketika membaca buku bersama si kecil

2. Ajak buah hati untuk mengunjungi perpustakaan

Ketika anak berusia 2 tahun, akan ada banyak sekali kegiatan yang disenanginya selain membaca. Seminggu sekali, ajaklah anak mengunjungi perpustakaan. Bawa anak ke lorong buku cerita yang menjadi kegemarannya. Bebaskan anak memilih buku cerita kesukaannya. Lalu, bacakan dalam keadaan yang nyaman.

3. Jangan memaksa anak membaca

Jika si kecil belum bisa membaca, jangan ngotot dan memaksanya untuk belajar membaca. Biarkan mereka belajar secara alami. Saat masih balita, cukup kenalkan anak pada buku-buku. Ketertarikan mereka pada buku sudah jadi modal penting untuk mengajak mereka membaca. Anak secara tak sadar akan tertarik untuk belajar membaca.

4. Jadikan buku sebagai hadiah

Anak sangat senang dengan kado atau hadiah, apalagi jika isinya adalah mainan atau boneka kesukaannya. Jika ingin si kecil mencintai buku, cobalah untuk memberikan buku sebagai kado. Agar tidak bosan, jangan selalu memberikan buku, sesekali berikan dia mainan kesukaannya.

Empat hal di atas bisa dijadikan sebagai cara paling mudah untuk membiasakan buah hati kepada buku. Ingat, tak perlu memaksa mereka untuk segera bisa membaca buku. Cukup ajak mereka untuk senang dengan buku. Perlahan, anak akan tertantang untuk mulai belajar membaca.

About Author

Related posts

Perlukah Mengajarkan Anak Dua Bahasa?

Beberapa orang tua hanya mengajarkan satu bahasa pada anaknya sampai masa di mana para guru di prasekolah atau kelompok bermainlah yang melakukannya. Anak-anak yang dari awal hanya mengenal satu bahasa jadi kebingungan dan butuh waktu penyesuaian yang lama saat harus menggunakan bahasa lain selain yang biasa mereka gunakan di...

Read More

Anak Anda Mudah Akrab Dengan Orang Baru?

Atta, 2 tahun, mudah sekali akrab dengan orang-orang baru. Ia tidak ragu digendong oleh teman-teman ibunya. Ketika diajak ke taman, ia juga mudah akrab dengan anak-anak seusianya. Waktu itu, hari sedang hujan deras, ibunya tak bisa mengajak Atta pergi ke taman. Lalu, ia pun tampak kesal dan marah. Normalkah?...

Read More

Alasan Harus Mengikuti Kelas Parenting

Di sebagian besar waktu dalam hidup kita, kita tidak akan berani melakukan sesuatu yang besar atau penting tanpa persiapan. Kita akan meminta saran, belajar dan menemukan strategi untuk performa yang lebih baik, dan berlatih, berlatih, berlatih. Namun untuk beberapa alasan, kita sebagai orangtua sering merasa ragu untuk mengambil pendekatan...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: