Ketika Si Kecil mulai memasuki usia 4 tahun, Si Kecil sudah mulai lebih pintar mengekspresikan dirinya serta lebih mandiri daripada sebelumnya. Di waktu inilah Si Kecil mulai dapat kita ajarkan bentuk disiplin diri melalui berpuasa.

Puasa yang dilakukan selama bulan Ramadhan ini sudah membuktikan memberikan dampak positif bagi kesehatan kita. Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan berpuasa metabolisme tubuh melambat sehingga menjadi lebih efisien, proses pemecahan glukosa menjadi energi menjadi lebih baik, mencegah penuaan dini, sistem kekebalan tubuh meningkat, serta dapat menurunkan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Walaupun berpuasa belum menjadi kewajiban bagi Si Kecil, tetapi Bunda dapat mulai mengenalkan puasa sejak dini. Karena bermanfaat bagi kesehatan juga dapat membuat Si Kecil lebih disiplin, beribadah, belajar Al-Quran, serta menghargai waktu.

Selama menjalani ibadah puasa ini, Si Kecil dapat mulai melatih diri untuk bangun lebih pagi untuk sahur serta melakukan sholat subuh dan tadarus bersama anggota keluarga lainnya. Meskipun di awal akan terasa berat bagi Si Kecil, namun dengan kesabaran dan ketekunan pasti Si Kecil dapat menjalankannya.

Kemudian dengan berpuasa Si Kecil akan diajarkan untuk menahan diri dari rasa lapar dan haus. Si Kecil akan mengetahui bahwa segala sesuatunya ada waktunya dan perlu usaha untuk mendapatkannya, sehingga ia akan menjadi anak yang tidak manja.

Namun, ada baiknya latihan berpuasa bagi Si Kecil dilakukan secara bertahap dan tidak terlalu memaksakan diri ya Bunda. Di awal, Bunda dapat meminta Si Kecil untuk berpuasa selama 3-4 jam sehari. Apabila Si Kecil sudah mulai terbiasa, waktu berpuasa dapat ditambahkan lagi. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kesehatan Si Kecil. Apabila kondisi kesehatan Si Kecil mulai terganggu, Bunda dapat menghentikan puasanya.

Bunda juga dapat mengajak Si Kecil untuk ikut serta belajar mengaji di masjid atau mushola terdekat. Biasanya acara belajar mengaji diikuti oleh banyak anak-anak yang usianya sebaya dengan Si Kecil. Dengan begitu Si Kecil akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk berpuasa.

Ayo Bunda, kita ajarkan Si Kecil berdisplin dengan cara yang sehat dan bermanfaat.

About Author

Related posts

Melatih Budi Pekerti Dengan Mainan Zaman Old

Permainan tradisional kini mulai terkikis keberadaannya, khususnya di kota besar. Terutama sejak munculnya permainan baru yang lebih atraktif, membuat anak lebih senang karena lebih praktis dan menarik. Sebagai contoh, merebaknya PlayStation (PS) yang merupakan produk dari Jepang. Padahal, permainan tradisional anak pada kenyataannya bisa dijadikan media pembelajaran dan pendidikan...

Read More

Jadikan Rumah Sebagai Laboratorium Anak

Di masa mendatang, untuk bisa hidup sejahtera, kreatifitas dan inovatif menjadi kunci utama. Memiliki otak encer atau cerdas menjadi tidak berguna bila tak mempunyai kedua hal itu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berkreasi, sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan hal-hal...

Read More

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: