Sebagian orang tua masih menganggap kegiatan liburan sebagai pemborosan, padahal  liburan tak hanya menyenangkan tapi juga memberikan pengaruh positif pada kesehatan, dan ini berlaku untuk semua anggota keluarga. Tak perlu menunggu hingga liburan panjang, dengan liburan akhir pekan pun sudah cukup memberikan dampak positif. Setelah ini akan diulas tentang weekend getaway bagi si kecil. Mari kita simak bersama.

Manfaat Weekend Getaway

Wahana untuk belajar, memahami keragaman masyarakat, dan beradaptasi

Anak akan berkesempatan lebih luas untuk belajar dengan melihat dunia nyata. Keragaman masyarakat (bahasa, budaya, dan religiusitas) yang mereka temui akan menjadi bekal untuk beradaptasi dan saling menghargai.

Mencerdaskan otak

Profesor Jaak Panksepp, seorang ilmuwan saraf terkemuka dunia dari Washington State University mengungkapkan bahwa dengan melakukan kegiatan seperti mengubur kaki anak di pasir, menggelitiknya, dan menggendongnya di punggung Anda atau menjelajahi hutan dan pantai akan meningkatkan daya kembang otak anak Anda. Selain itu, dengan menikmati keindahan alam akan muncul rasa cinta pada lingkungan dan kepekaan sosial.

Membangun daya konsentrasi

Penelitian telah mengungkapkan perbaikan dalam tingkat perhatian dan konsentrasi anak setelah di alam hanya selama 20 menit akan lebih baik daripada obat untuk anak-anak dengan ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder).

Memperkuat ikatan keluarga

Lewat liburan maka hubungan komunikasi akan meningkat. Dengan lepas dari rutinitas harian, menjalani waktu kebersamaan dan kualitas komunikasi pun akan meningkat, maka anak akan merasakan rasa kasih sayang dari orang tuanya.

Kiat-kiat Agar Liburan Singkat Anda Sekeluarga Lebih Menyenangkan

Bila sebelumnya Anda tidak terlalu sering bepergian, berikut ini beberapa kiat agar weekend getaway Anda bersama si kecil menyenangkan. Anda bepergian tak sendirian, tapi dengan anak Anda, jadi hal-hal berikut ini perlu diprioritaskan.

Jangan terlalu ketat dengan jadwal

Berlibur bersama anak berarti ada banyak kemungkinan untuk hal-hal tak terduga. Makin panjang daftar spot Anda, makin potensial untuk meleset. Jangan menuntut anak terlalu ketat. Jangan lupakan rutinitas harian anak seperti jam makan dan tidur siang atau bila mendadak rewel.

Libatkan anak dalam perencanaan

Orang tua memang memegang kendali tapi anak tetap perlu dilibatkan. Libatkan sejak perencanaan, dengan ini anak tak merasa sekedar mengekor tapi juga punya suara. Jadikan sebagai sarana untuk melatih bab inisiatif, prioritas, dan konsekuensi.

Hindari Peak Season

Inilah salah satu alasan weekend getaway, Anda sekeluarga dapat menghindari peak season yang artinya banyak hal akan berjalan lebih lancar. Mengurangi risiko berdesakan di padatnya destinasi wisata yang pastinya si kecil akan lebih merasa nyaman dan gembira. Ongkos transportasi dan penginapan pun dapat ditekan.

Bawalah sesuai prioritas

Anda berlibur hanya 2-3 hari, tak perlu membawa terlalu banyak perlengkapan. Utamakan kebutuhan si kecil. Jangan lupakan mainan favoritnya atau bantal kesayangannya. Ia butuh benda yang akrab dengannya yang bisa saja sangat bermanfaat ketika ia rewel di tempat asing.

Rencanakan destinasi-destinasi dan tempat menginap dengan baik

Utamakan destinasi yang bermuatan edukasi atau wisata alam. Lokasi-lokasi semacam ini akan menjadi momen penting yang berguna dalam perkembangannya kelak. Pertimbangkan jarak dengan destinasi-destinasi Anda, fasilitas yang tersedia dan tarif tentunya. Atau mungkin Anda memiliki opsi lainnya, seperti menginap di rumah sanak-keluarga atau relasi Anda.

Pilih moda transportasi yang tepat

Menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, pesawat, atau bus? Jelilah dalam memilih, jangan kesampingkan karakter anak. Bagaimana sikapnya sepanjang perjalanan? Bagaimana bila terjadi kemacetan di jalan raya? Bisakah ia duduk tenang sepanjang penerbangan?

Perhatikan tentang kesehatan

Last but not least adalah tentang kesehatan. Jagalah kesehatan sejak sebelum berangkat. Rencana matang Anda bisa saja berantakan di detik-detik terakhir sebelum berangkat karena kesehatan si kecil yang terganggu. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter keluarga Anda.

Itulah ulasan tentang weekend getaway bersama si kecil. Segera rencanakan dengan baik dan berikan pengalaman-pengalaman unik demi bekalnya di masa depan.

About Author

Related posts

Cara Mengenali Dan Menyikapi Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda? Tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, Anda perlu memahami...

Read More

Tips Hadapi Anak Lain Yang Berprilaku kasar

Anak Mama tentu pernah bermain bersama temannya, entah itu di sekolah, taman, atau mal. Jika anak melakukan kesalahan misalnya berkata kasar atau berkelahi dengan anak lain, sebagai orangtua, Mama tentu akan langsung mendisiplinkannya. Namun bagaimana jika anak orang lain yang berperilaku kasar atau buruk? Apa yang harus Mama lakukan...

Read More

Menyembuhkan Kenakalan Anak Dengan Terapi Kesenian

Belum banyak yang tahu, perilaku anak nakal sebenarnya bisa disebabkan karena suatu kondisi mental yang disebut oppositional defiant disorder (ODD). Sama seperti kondisi mental lainnya, ODD bisa disembuhkan. Salah satunya, dengan art therapy atau terapi seni. Teknik yang digunakan dalam art therapy, bertujuan untuk membuat anak dapat mengekspresikan dirinya....

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: