Jangan Biarkan Remaja Stres

Banyak hasil riset mengatakan, saat ini kian banyak generasi muda, termasuk remaja usia SMP yang mengalami kesulitan emosional, seperti gelisah, tegang, marah dan kecewa. Beberapa penyebabnya antara lain tuntutan pelajaran yang berat, seperti mengerjakan tugas dan PR yang bertumpuk.

Penyebab lain bisa berupa tuntutan gaya hidup, konflik dengan teman, atau bahkan tak menutup kemungkinan terkait hubungan dengan lawan jenis. Usia SMP diketahui usia saat anak remaja mulai mengenal hubungan dengan lawan jenis.

Orang tua perlu membekali anak remajanya dengan kemampuan mengendalikan dan mengolah emosi agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang, secara emosional, sehat dan mandiri. Kemandirian emosi ini tampak dalam kemampuannya untuk mengendalikan diri,mengatasi stres, dan mengungkapkan segala bentuk perasaan tanpa kekerasan.

Salah satu cara orang tua mengajarkan anak remaja mengelola stress  dan  menjaga keseimbangan hidupnya dengan berolahraga. Hal ini akan sangat membantu dia mengatasi kejenuhan atau kebosanan akan tugas-tugas sekolahnya.

Cara lain, dorong dia untuk mengembangkan hobi atau kegemarannya. Hobi akan membantunya keluar dari rutinitas yang monoton.

Perkenalkan anak pada kebiasaan menulis buku harian, agar ia dapat menumpahkan perasaan atau kesulitannya dengan bebas.

Yang paling penting, bimbing anak agar tekun beribadah.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: