Banyak hasil riset mengatakan, saat ini kian banyak generasi muda, termasuk remaja usia SMP yang mengalami kesulitan emosional, seperti gelisah, tegang, marah dan kecewa. Beberapa penyebabnya antara lain tuntutan pelajaran yang berat, seperti mengerjakan tugas dan PR yang bertumpuk.

Penyebab lain bisa berupa tuntutan gaya hidup, konflik dengan teman, atau bahkan tak menutup kemungkinan terkait hubungan dengan lawan jenis. Usia SMP diketahui usia saat anak remaja mulai mengenal hubungan dengan lawan jenis.

Orang tua perlu membekali anak remajanya dengan kemampuan mengendalikan dan mengolah emosi agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang, secara emosional, sehat dan mandiri. Kemandirian emosi ini tampak dalam kemampuannya untuk mengendalikan diri,mengatasi stres, dan mengungkapkan segala bentuk perasaan tanpa kekerasan.

Salah satu cara orang tua mengajarkan anak remaja mengelola stress  dan  menjaga keseimbangan hidupnya dengan berolahraga. Hal ini akan sangat membantu dia mengatasi kejenuhan atau kebosanan akan tugas-tugas sekolahnya.

Cara lain, dorong dia untuk mengembangkan hobi atau kegemarannya. Hobi akan membantunya keluar dari rutinitas yang monoton.

Perkenalkan anak pada kebiasaan menulis buku harian, agar ia dapat menumpahkan perasaan atau kesulitannya dengan bebas.

Yang paling penting, bimbing anak agar tekun beribadah.

About Author

Related posts

Ketika Anak Perempuan Malu dengan Bentuk Tubuhnya

Sebuah survei menunjukkan, usia rata-rata di mana anak perempuan pertama kali sadar mengenai tubuhnya semakin muda yaitu pada umur 9-10 tahun. Di umur ini, anak perempuan mulai berbicara tentang fakta bahwa beberapa anak di kelasnya “memiliki perut” dan beberapa tidak. Dan walaupun kedengarannya masih muda untuk mengkhawatirkan soal perut...

Read More

Mom, Kenali Penyebab Sariawan pada Si Kecil !

Sariawan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja karena penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. Sariawan sendiri akan muncul di area lidah, bibir, atau di berbagai area bagian dalam mulut. Secara umum, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak yang sariawan, umumnya...

Read More

Kapan Suara Si Jagoan Kecil Berubah?

Masa pubertas adalah masa penting dalam kehidupan seseorang karena di masa ini, seorang anak mengalami begitu banyak perubahan dalam hidupnya. Tak terkecuali perubahan fisik. Masa pubertas datangnya tak dapat diprediksi, baik itu pada anak lelaki maupun perempuan. Tetapi, sesungguhnya tanda-tandanya bisa terlihat. Pada anak lelaki, salah satunya adalah lewat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: