Kenali Ciri Anak Manja Sedini Mungkin

Orangtua mana yang tak bahagia ketika mendapati buah hati tumbuh kembang menjadi anak yang sehat dan cerdas? Setiap orangtua pasti akan merasa bahagia. Untuk itu, demi tumbuh kembang anak yang terbaik, tidak jarang orangtua akan memberikan yang terbaik buat buah hati, menuruti semua keinginannya dan mengasuhnya dengan penuh kasih sayang tanpa kurang satu apapun.

Ingin yang terbaik buat buah hati sebenarnya baik. Hanya saja jika pola asuh yang diberikan kurang tepat dan anak terbiasa mendapat apa yang inginkan, dikhawatirkan ini akan membuat anak menjadi pribadi yang manja. Ketika anak melakukan kesalahan dan orangtua tetap membelanya tanpa memberinya nasehat dengan alasan kasihan, ini justru akan membuat sikap buruk anak kebablasan.

Agar anak tidak kebablasan menjadi anak yang manja, ketahui ciri-ciri anak mulai manja sejak usianya sedini mungkin. Berikut ciri-ciri anak yang manja.

Sering Tantrum

Bagi anak balita tantrum adalah hal yang wajar dilakukan. Namun jika tantrum dilakukan secara berlebihan dan terlalu sering, ini harus diatasi dengan sebijak mungkin. Anak yang sering tantrum apalagi ketika meminta sesuatu, ini menandakan bahwa ia mulai manja.

Tidak Mau Melakukan Sendiri

Anak yang manja umumnya tidak mau melakukan sesuatu sendiri. Meski ia bisa melakukan sesuatu sendiri, ia akan merengek dan minta ayah atau ibunya yang melakukan sesuatu tersebut untuknya. Anak yang terus menerus minta dilayani segala kebutuhannya saat usianya lebih dari 5 tahun, ini bisa menandakan bahwa si anak menjadi pribadi yang manja.

Tidak Mau Berbagi

Melansir dari laman hellosehat.com, anak yang tidak mau berbagi namun sering minta lebih dari orangtua atau orang yang ada di dekatnya menandakan jika anak ini tumbuh dan berkembang jadi anak manja. Untuk mencegah sifat manja anak, ajarkan anak berbagi dengan orang lain sejak usianya sedini mungkin.

Tidak Menghormati Orang Lain

Ciri selanjutnya dari anak manja adalah anak tidak mau menghormati orang lain. Anak sangat sulit buat minta maaf, mengucapkan terimakasih atau pun berkata sopan dengan orang yang lebih tua maupun yang lebih muda darinya.

Itulah beberapa ciri anak yang bersikap manja. Jika mendapati sikap ini pada buah hati, pastikan untuk memberikan nasehat terbaik untuk anak. Ajarkan anak untuk bersikap lebih manis, ramah dan baik lagi dengan sekitarnya. Menyayangi dan perhatian ke anak sebenarnya boleh, namun jangan sampai berlebihan dan membuatnya menjadi pribadi yang manja.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: