Kenali Diri Dalam Membimbing Anak

Setiap anak memang terlahir dengan keunikan dan kemampuan yang berbeda. Namun, tahukah Anda jika orang tua memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangannya? Menurut penelitian adah 4 tipe orang tua dalam membimbing anak. Anda termasuk yang mana?

Ambitious Commander

Orang tua memang selalu menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Ambitious Commander adalah tipe para orang tua yang proaktif. Biasanya mereka akan mengupayakan semaksimal mungkin kemampuan anak  untuk mendapatkan hasil terbaik bahkan cenderung memaksa. Orang tua tipe ini mendominasi keputusan pendidikan anak, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

Silent Achiever

Sebagai orang tua, pastikan Anda selalu mendengarkan pendapat si kecil juga ya. Seperti Silent Achiever, orang tua tipe ini sangat proaktif dan ambisius namun tetap memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat.

Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini lebih mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya, mereka mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

Short-Term Worrier

Short-Term Worrier adalah tipe orang tua yang bertindak reaktif jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya. Misalnya, ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Orangtua tipe ini baru mencarikan tempat les untuk anaknya. Tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

Happy-Go-Lucky

Tipe terakhir merupakan tipe orang tua yang santai. Happy-Go-Lucky adalah tipe orang tua yang melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Mereka cenderung tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa depan serta percaya terhadap kemampuan & talenta anaknya.

Setiap orang tua pastinya memiliki concern tersendiri tentang pendidikan anaknya. Bagaimana pun caranya, mereka selalu menginginkan yang terbaik. Berikan dukungan pendidikan bagi anak dengan memasukkan anak ke sekolah atau tempat kursus yang berkualitas.

About Author

Related posts

Ketika Anak Perempuan Malu dengan Bentuk Tubuhnya

Sebuah survei menunjukkan, usia rata-rata di mana anak perempuan pertama kali sadar mengenai tubuhnya semakin muda yaitu pada umur 9-10 tahun. Di umur ini, anak perempuan mulai berbicara tentang fakta bahwa beberapa anak di kelasnya “memiliki perut” dan beberapa tidak. Dan walaupun kedengarannya masih muda untuk mengkhawatirkan soal perut...

Read More

Mom, Kenali Penyebab Sariawan pada Si Kecil !

Sariawan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja karena penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. Sariawan sendiri akan muncul di area lidah, bibir, atau di berbagai area bagian dalam mulut. Secara umum, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak yang sariawan, umumnya...

Read More

Kapan Suara Si Jagoan Kecil Berubah?

Masa pubertas adalah masa penting dalam kehidupan seseorang karena di masa ini, seorang anak mengalami begitu banyak perubahan dalam hidupnya. Tak terkecuali perubahan fisik. Masa pubertas datangnya tak dapat diprediksi, baik itu pada anak lelaki maupun perempuan. Tetapi, sesungguhnya tanda-tandanya bisa terlihat. Pada anak lelaki, salah satunya adalah lewat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: