Kenali Diri Dalam Membimbing Anak

Setiap anak memang terlahir dengan keunikan dan kemampuan yang berbeda. Namun, tahukah Anda jika orang tua memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perkembangannya? Menurut penelitian adah 4 tipe orang tua dalam membimbing anak. Anda termasuk yang mana?

Ambitious Commander

Orang tua memang selalu menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Ambitious Commander adalah tipe para orang tua yang proaktif. Biasanya mereka akan mengupayakan semaksimal mungkin kemampuan anak  untuk mendapatkan hasil terbaik bahkan cenderung memaksa. Orang tua tipe ini mendominasi keputusan pendidikan anak, misalnya dalam memilih sekolah atau tempat kursus.

Silent Achiever

Sebagai orang tua, pastikan Anda selalu mendengarkan pendapat si kecil juga ya. Seperti Silent Achiever, orang tua tipe ini sangat proaktif dan ambisius namun tetap memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat.

Dibandingkan dengan tipe Ambitious Commander, tipe ini lebih mendorong anak secara diam-diam dan tidak terkesan memaksakan kehendaknya, mereka mengawasi anaknya dari jauh tanpa melibatkan diri terlalu dalam.

Short-Term Worrier

Short-Term Worrier adalah tipe orang tua yang bertindak reaktif jika melihat ada sesuatu yang salah dengan anaknya. Misalnya, ketika anak mendapatkan nilai jelek dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Orangtua tipe ini baru mencarikan tempat les untuk anaknya. Tipe ini lebih banyak khawatir terhadap tantangan masa depan untuk anaknya.

Happy-Go-Lucky

Tipe terakhir merupakan tipe orang tua yang santai. Happy-Go-Lucky adalah tipe orang tua yang melengkapi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Mereka cenderung tidak khawatir terhadap tantangan yang dihadapi anak di masa depan serta percaya terhadap kemampuan & talenta anaknya.

Setiap orang tua pastinya memiliki concern tersendiri tentang pendidikan anaknya. Bagaimana pun caranya, mereka selalu menginginkan yang terbaik. Berikan dukungan pendidikan bagi anak dengan memasukkan anak ke sekolah atau tempat kursus yang berkualitas.

About Author

Related posts

Melatih Budi Pekerti Dengan Mainan Zaman Old

Permainan tradisional kini mulai terkikis keberadaannya, khususnya di kota besar. Terutama sejak munculnya permainan baru yang lebih atraktif, membuat anak lebih senang karena lebih praktis dan menarik. Sebagai contoh, merebaknya PlayStation (PS) yang merupakan produk dari Jepang. Padahal, permainan tradisional anak pada kenyataannya bisa dijadikan media pembelajaran dan pendidikan...

Read More

Jadikan Rumah Sebagai Laboratorium Anak

Di masa mendatang, untuk bisa hidup sejahtera, kreatifitas dan inovatif menjadi kunci utama. Memiliki otak encer atau cerdas menjadi tidak berguna bila tak mempunyai kedua hal itu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berkreasi, sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan hal-hal...

Read More

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: