Lakukan Cara Ini Agar Anak Mau Sikat Gigi

Kesadaran untuk membersihkan gigi perlu diajarkan sejak dini. Menurut Juliette Scott, dokter gigi spesialis gigi anak dari Australian Dental Association, kebiasaan merawat gigi dan mulut bisa dimulai sejak bayi berusia 4 bulan. Kita bisa menggunakan kasa steril basah untuk membersihkan bagian dalam mulut si kecil sambil memberi sedikit pijatan pada gusi.

Sebelum umur 1 tahun, penggunaan pasta gigi belum perlu, karena anak belum mengonsumsi makanan padat. Setelah umur 1 tahun, saat anak mulai makan makanan padat, diperlukan pasta gigi untuk melepas sisa makanan yang melekat dari gigi mungil anak.

Biasakan si kecil menyikat gigi 2 kali sehari sebagai kebiasaan. Pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur sehingga anak akan merasa ada sesuatu yang kurang jika belum menggosok gigi terutama malam sebelum tidur. Kebiasaan menyikat gigi merupakan bekal bagi anak untuk memiliki gigi sehat hingga dewasa kelak.

Lakukan 5 cara ini agar anak mau dan rajin sikat gigi:

1. Memilih Sikat dan Pasta Gigi Sendiri

Ajak anak ke supermarket untuk memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi dengan desain dan warna menarik yang ia sukai. Pilih sikat gigi yang terbuat dari bahan aman, memiliki ujung kepala bulat dan kecil, ukuran sesuai, memiliki bulu sikat lembut, dan memiliki pegangan yang mantap. Pegangan yang licin dapat mengejutkan dan melukai mulut si kecil. Ganti sikat gigi minimal setiap 3 bulan sekali atau ketika sikat sudah mulai rusak.

Pasta gigi untuk balita sebaiknya mengandung sangat sedikit fluoride dan detergen serta tidak mengandung pemutih, sehingga aman bila tertelan pada anak yang belum mampu berkumur dengan baik. Gunakan pasta gigi khusus.

2. Ajak Anak Bermain Gosok Gigi dengan Benar

Ajari anak menggosok gigi dengan cara bermain dan contohkan gerakan menyikat gigi yang benar. Sikat seluruh permukaan gigi. Gerakkan sikat pada bagian gigi depan dilakukan dengan gerakan menyapu ke atas dan ke bawah dan bagian luar gigi kiri dan kanan dengan gerakan berputar. Bersihkan juga gigi bagian dalam dan permukaan kunyah gigi. Agar lebih efektif, ajari anak sikat gigi di depan cermin, sehingga ia bisa melihat cara menyikat gigi yang benar.

3. Sikat Gigi Bersama Anak

Boleh juga mengajak papa atau kakak, dan buatkan kompetisi kecil-kecilan untuk menentukan siapa yang paling tepat menyikat gigi. Atau, biarkan ia menyikat gigi mama atau papa, lalu lakukan bergantian, Anda yang menyikat giginya.

4. Menyikat Gigi Diiringi Musik

Saat menyikat gigi, lakukan sekitar dua menit sambil diiringi lagu anak kesukaannya. Jadikan gerakan menyikat gigi seirama dengan irama lagu. Atau, ceritakan dongeng seputar kuman yang menyerang mulut dan kesatria baik akan menolongnya.

5. Beri Penghargaan

Agar anak makin semangat, beri reward tiap kali anak selesai menyikat gigi. Beri stiker bergambar lucu. Bila terkumpul dalam jumlah tertentu, tambahkan lagi hadiahnya. Anak akan semakin semangat untuk menggosok gigi tepat waktu bila kita memberi apresiasi/penghargaan.

About Author

Related posts

Ajak Anak Berenang Saat Puasa? Ada Aturannya

Mengajari anak berpuasa harus dibarengi dengan perubahan kebiasaan sehari-hari. Enggak cuma sebatas mengubah jadwal makan dan tidur, namun ada beberapa kebiasaan lain yang juga harus di tahan saat puasa Ramadhan. Selain itu, Bunda juga harus pintar mencari kegiatan untuk si kecil agar enggak mudah bosan menunggu waktu berbuka puasa....

Read More

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendirian

Anda memang perlu mengawasi setiap gerak-gerik anak saat ia beraktivitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menempel lengket setiap detik di samping anak ketika ia bermain. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan orangtua untuk membiasakan anak-anak mereka bermain sendirian, tanpa dampingan orangtua, karena akan...

Read More

Konsumsi Gula Mempengaruhi Otak Anak

Siapa sih yang tak suka gula? Terlebih anak-anak, biasanya hobi banget kan, Bun, mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tapi, sebagai orang tua kita perlu tahu bahwa konsumsi gula punya pengaruh pada otak anak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kadar gula yang tinggi bisa berefek negatif pada otak anak, mulai dari...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: