Manfaat Anak Suka Corat-Coret Tembok

Pernahkah memergoki anak sedang asyik mencorat coret dinding rumah? Mungkin kita akan kesal, tapi jangan tenang dulu, aktivitas ini ternyata bagian dari belajar seni sejak dini yang sangat bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Studi yang dipublikasikan dalam Creativity Research Journal pada 2006 menyebutkan bahwa anak yang sering bersentuhan dengan seni akan cenderung berpikir kritis dan piawai menyelesaikan masalah. Berikut ini manfaat yang bisa diraih anak dengan belajar seni sejak kecil.

1. Meningkatkan kinerja otak

Samanta Ananta, M.Psi., psikolog anak dan keluarga membenarkan manfaat mencengangkan jika anak belajar seni sejak dini.

“Sudah banyak penelitian yang membuktikan, aktivitas seni dapat memperbaiki kinerja otak. Otak merilis hormon endorfin dan dopamin yang membuat anak lebih bahagia,”

Tak perlu aktivitas rumit, menggambar dan mewarnai adalah aktivitas seni menyenangkan yang paling mudah dilakukan di mana saja oleh anak.

2. Anak akan lebih bahagia

Seni ternyata juga berefek positif agar anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia. “Besar efeknya. Saat melukis, seseorang akan melepaskan hormon kortisol yaitu hormon yang berhubungan dengan stres. Ini sama saja dengan kita makan cokelat, membuat hati lebih bahagia,” jelas Samanta.

3. Berpikir kritis

Membiarkan anak sibuk demgan kertas dan krayon nyatanya efektif untuk anak berpikir kritis lho. “Ketika mewarnai, otak kanan akan lebih bergerak untuk membentuk anak lebih kreatif. Anak akan piawai menyelesaikan masalah saat dewasa,” kata Samanta.

4. Lebih ekspresif

Samanta menuturkan bahwa seni akan meningkatkan kemampuan memori anak. Selain itu anak akan tumbuh menjadi sosok yang percaya diri. “Goresan garis di kertas akan memgaktifkan otak bagian depan. Anak akan mudah mengekspresikan diri dan mampu menunjukkan respon positif. Emosinya juga akan cenderung stabil,” ujar Samanta.

5. Menjalin bonding positif dengan orangtua

Tak hanya memajukan kemampuan kognitif saja, seni juga menjadi media efektif untuk anak bisa menjalin bonding positif dengan orangtua. “Ini menjadi cara bagus untuk komunikasi anak dan orangtua berjalan lancar.

Inilah Cara mengenalkan seni pada anak

Ada beragam manfaat jika anak belajar seni sejak kecil. Lalu bagaimana cara orangtua mengenalkan seni? Coba cara ini .

1. Supply

Kita bisa mulai mengenalkan seni dengan cara yang menyenangkan, misalnya pergi ke museum. Jika anak sudah berusia lebih besar, bisa mengikutsertakan anak kelas menggambar berisi anak seusianya.  “Yang paling pemting jangan judgement (menghakimi). Terus yakinkan anak agar dia semakin percaya diri,” ungkap Samanta.

2. Preferences

Jika anak sudah mulai tertarik, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu biarkan anak memilih media seni. “Sesuaikan dengan kapasitas anak. Misalnya untuk anak yang mudah cemas, jangan kenalkan dengan cat air karena malah akan tambah cemas,” tegas Samanta.

3. Exercise

Yang tak kalah penting yaitu latihan. Dorong anak agar terus berlatih, dengan begitu anak akan semakin mencintai seni. “Jangan sungkan memberi pujian. Misalnya anak menggambar dengan rapi dan tidak ke luar garis, puji pencapaiannya dengan kalimat yang positif,” tutup Samanta.

Nah, jadi jangan lagi ragu mengenalkan seni pada anak karena manfaatnya amat terasa untuk tumbuh kembangnya kelak.

About Author

Related posts

Ajak Anak Berenang Saat Puasa? Ada Aturannya

Mengajari anak berpuasa harus dibarengi dengan perubahan kebiasaan sehari-hari. Enggak cuma sebatas mengubah jadwal makan dan tidur, namun ada beberapa kebiasaan lain yang juga harus di tahan saat puasa Ramadhan. Selain itu, Bunda juga harus pintar mencari kegiatan untuk si kecil agar enggak mudah bosan menunggu waktu berbuka puasa....

Read More

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendirian

Anda memang perlu mengawasi setiap gerak-gerik anak saat ia beraktivitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menempel lengket setiap detik di samping anak ketika ia bermain. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan orangtua untuk membiasakan anak-anak mereka bermain sendirian, tanpa dampingan orangtua, karena akan...

Read More

Konsumsi Gula Mempengaruhi Otak Anak

Siapa sih yang tak suka gula? Terlebih anak-anak, biasanya hobi banget kan, Bun, mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tapi, sebagai orang tua kita perlu tahu bahwa konsumsi gula punya pengaruh pada otak anak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kadar gula yang tinggi bisa berefek negatif pada otak anak, mulai dari...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: