Umumnya, bayi berusia hingga 1 tahun membutuhkan tidur hingga 15 jam sehari. Kemudian pada usia empat tahun, 50 persen anak masih memiliki kebiasaan tidur siang yang rutin. Setelah usianya lebih dari 5 tahun, perlahan-lahan anak menghentikan kebiasaan tersebut. Mengeksplorasi lingkungan sepertinya lebih menarik daripada tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat.

Menurut Kim West, MD, penulis buku The Sleep Lady’s Good Night, SleepTight, saat tidur anak akan merekam kembali semua hal yang telah ia pelajari. Hal ini akan memudahkannya mengakses kembali ingatan tersebut saat ia terbangun nanti. Tumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi apabila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Penasaran manfaat lain dari tidur siang? Simak beberapa poin berikut ini:

Membantu perkembangan otak

Tak perlu berdurasi lama, cukup satu jam sudah dapat meningkatkan kerja otak Si Kecil. Tidur siang mampu membantu pembentukan memori dan proses belajarnya. Menurut penelitian, kemampuan visual spasial Si Kecil juga akan meningkat setelah tidur siang.

Status mental lebih stabil

Si Kecil yang rutin tidur siang dengan cukup memiliki status mental yang lebih stabil. Mereka lebih tenang, tidak mudah rewel, ceria, dan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Membantu pertumbuhan tubuh

Saat tidur, hormon pertumbuhan atau growth hormone dilepas. Hal inilah yang membuat Si Kecil yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh lebih optimal dibandingkan yang tidak.

Mengistirahatkan tubuh

Dengan tidur siang, organ tubuh – baik luar maupun dalam – dapat beristirahat setelah Si Kecil beraktivitas selama setengah hari.

Melihat begitu banyak manfaat tidur siang untuk proses tumbuh kembang Si Kecil, para ahli menganjurkan agar anak usia tiga hingga lima tahun harus memiliki jadwal tidur siang secara rutin.

About Author

Related posts

Melatih Budi Pekerti Dengan Mainan Zaman Old

Permainan tradisional kini mulai terkikis keberadaannya, khususnya di kota besar. Terutama sejak munculnya permainan baru yang lebih atraktif, membuat anak lebih senang karena lebih praktis dan menarik. Sebagai contoh, merebaknya PlayStation (PS) yang merupakan produk dari Jepang. Padahal, permainan tradisional anak pada kenyataannya bisa dijadikan media pembelajaran dan pendidikan...

Read More

Jadikan Rumah Sebagai Laboratorium Anak

Di masa mendatang, untuk bisa hidup sejahtera, kreatifitas dan inovatif menjadi kunci utama. Memiliki otak encer atau cerdas menjadi tidak berguna bila tak mempunyai kedua hal itu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berkreasi, sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan hal-hal...

Read More

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: