Umumnya, bayi berusia hingga 1 tahun membutuhkan tidur hingga 15 jam sehari. Kemudian pada usia empat tahun, 50 persen anak masih memiliki kebiasaan tidur siang yang rutin. Setelah usianya lebih dari 5 tahun, perlahan-lahan anak menghentikan kebiasaan tersebut. Mengeksplorasi lingkungan sepertinya lebih menarik daripada tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat.

Menurut Kim West, MD, penulis buku The Sleep Lady’s Good Night, SleepTight, saat tidur anak akan merekam kembali semua hal yang telah ia pelajari. Hal ini akan memudahkannya mengakses kembali ingatan tersebut saat ia terbangun nanti. Tumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi apabila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Penasaran manfaat lain dari tidur siang? Simak beberapa poin berikut ini:

Membantu perkembangan otak

Tak perlu berdurasi lama, cukup satu jam sudah dapat meningkatkan kerja otak Si Kecil. Tidur siang mampu membantu pembentukan memori dan proses belajarnya. Menurut penelitian, kemampuan visual spasial Si Kecil juga akan meningkat setelah tidur siang.

Status mental lebih stabil

Si Kecil yang rutin tidur siang dengan cukup memiliki status mental yang lebih stabil. Mereka lebih tenang, tidak mudah rewel, ceria, dan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Membantu pertumbuhan tubuh

Saat tidur, hormon pertumbuhan atau growth hormone dilepas. Hal inilah yang membuat Si Kecil yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh lebih optimal dibandingkan yang tidak.

Mengistirahatkan tubuh

Dengan tidur siang, organ tubuh – baik luar maupun dalam – dapat beristirahat setelah Si Kecil beraktivitas selama setengah hari.

Melihat begitu banyak manfaat tidur siang untuk proses tumbuh kembang Si Kecil, para ahli menganjurkan agar anak usia tiga hingga lima tahun harus memiliki jadwal tidur siang secara rutin.

About Author

Related posts

Cara Menghadapi Buah Hati Setelah Orang Tua Berpisah

Tidak ada yang mau mengalami perpisahan, tapi dalam hubungan rumah tangga hal ini mungkin saja terjadi. Ketika masalah perceraian tak bisa dihindari, anak-anak yang akan menjadi korbannya. Sayangnya, tidak semua orangtua peka terhadap hal ini, hingga akhirnya memengaruhi si kecil. Ya, ada cara tersendiri yang mesti dilakukan oleh orangtua...

Read More

Langkah Efektif Mendidik Remaja

Mendidik anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia bukanlah hal yang mudah, sebab diperlukan pengetahuan, cara yang tepat serta proses panjang untuk mendidik anak sesuai dengan karakternya, khususnya saat anak sudah remaja. Rentang Waktu Usia Remaja Fase remaja dimulai sejak usia balig. Laki-laki umumnya terjadi saat memasuki usia 13—22 tahun,...

Read More

10 Teknik Agar Anak Berjiwa Wirausaha

Kadang Orang tua lupa bahwa ketika si anak sudah besar nanti ia harus mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dan mencari uang sendiri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mulai mengajarkan anak mencari uang yang halal, misalnya berniaga. Sehingga, ilmu bisnis pun akan memberikan jejak positif bagi anak saat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: