Umumnya, bayi berusia hingga 1 tahun membutuhkan tidur hingga 15 jam sehari. Kemudian pada usia empat tahun, 50 persen anak masih memiliki kebiasaan tidur siang yang rutin. Setelah usianya lebih dari 5 tahun, perlahan-lahan anak menghentikan kebiasaan tersebut. Mengeksplorasi lingkungan sepertinya lebih menarik daripada tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat.

Menurut Kim West, MD, penulis buku The Sleep Lady’s Good Night, SleepTight, saat tidur anak akan merekam kembali semua hal yang telah ia pelajari. Hal ini akan memudahkannya mengakses kembali ingatan tersebut saat ia terbangun nanti. Tumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi apabila ia terbiasa tidur siang dan tidur nyenyak sepanjang malam.

Penasaran manfaat lain dari tidur siang? Simak beberapa poin berikut ini:

Membantu perkembangan otak

Tak perlu berdurasi lama, cukup satu jam sudah dapat meningkatkan kerja otak Si Kecil. Tidur siang mampu membantu pembentukan memori dan proses belajarnya. Menurut penelitian, kemampuan visual spasial Si Kecil juga akan meningkat setelah tidur siang.

Status mental lebih stabil

Si Kecil yang rutin tidur siang dengan cukup memiliki status mental yang lebih stabil. Mereka lebih tenang, tidak mudah rewel, ceria, dan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Membantu pertumbuhan tubuh

Saat tidur, hormon pertumbuhan atau growth hormone dilepas. Hal inilah yang membuat Si Kecil yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan tubuh lebih optimal dibandingkan yang tidak.

Mengistirahatkan tubuh

Dengan tidur siang, organ tubuh – baik luar maupun dalam – dapat beristirahat setelah Si Kecil beraktivitas selama setengah hari.

Melihat begitu banyak manfaat tidur siang untuk proses tumbuh kembang Si Kecil, para ahli menganjurkan agar anak usia tiga hingga lima tahun harus memiliki jadwal tidur siang secara rutin.

About Author

Related posts

Cara Mengenali Dan Menyikapi Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda? Tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, Anda perlu memahami...

Read More

Tips Hadapi Anak Lain Yang Berprilaku kasar

Anak Mama tentu pernah bermain bersama temannya, entah itu di sekolah, taman, atau mal. Jika anak melakukan kesalahan misalnya berkata kasar atau berkelahi dengan anak lain, sebagai orangtua, Mama tentu akan langsung mendisiplinkannya. Namun bagaimana jika anak orang lain yang berperilaku kasar atau buruk? Apa yang harus Mama lakukan...

Read More

Menyembuhkan Kenakalan Anak Dengan Terapi Kesenian

Belum banyak yang tahu, perilaku anak nakal sebenarnya bisa disebabkan karena suatu kondisi mental yang disebut oppositional defiant disorder (ODD). Sama seperti kondisi mental lainnya, ODD bisa disembuhkan. Salah satunya, dengan art therapy atau terapi seni. Teknik yang digunakan dalam art therapy, bertujuan untuk membuat anak dapat mengekspresikan dirinya....

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: