Membentuk Karakter Anak Dengan Warna

Membentuk karakter anak ternyata tidak semata dengan pendidikan agama, pendidika moral, dan sejenisnya. Ada hal lain yang bisa dimanfaatkan setiap keluarga untuk menciptakan karakter anak yang diharapkan. Salah satunya adalah pemilihan warna untuk dinding atau furniture di kamar si anak.

Menurut pakar desain interior, Dina Hartadi ST., memilih cat kamar yang tepat bisa memberikan efek keceriaan saat anak menghabiskan waktu bermain di kamar serta meningkatkan konsentarasi dan semangat saat anak belajar.

“Fungsi cat bukan hanya untuk memperindah suatu ruangan. Apalagi untuk kamar anak ketika kita memilih warna cat ini artinya ikut menciptakan pembentukan karakter anak,” katanya.

Menurut Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) ini, pemilihan warna cat kamar anak harus disesuaikan dengan usia anak. Setiap usia tumbuh kembang anak membutuhkan stimulus yang berbeda. Nah, salah satu stimulusnya adala cat warna dindng kamar anak. “Setiap usia akan mempengaruhi psikologis anak. Karena penting untuk kita mengganti cat warna dinding kamar anak secara berkala, “ujarnya.

Misal, untuk bayi berusia 0-12 bulan, pilihlah warna cat yang netral dan lembut. Sebab, saat usia bayi 0-12 bulan, bayi lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Jadi, ibu bisa memilih warna pink untuk bayi perempuan atau biru muda untuk anak lelaki.

“Warna cat yang lembut bisa membantu anak untuk tidur lebih pulas. Sebaiknya hindari warna cat yang agresif, seperti merah menyala atau hijau terang. Karena ini akan membuat anak terangsang untuk terus beraktivitas,” paparnya.

Nah, untuk anak yang sedang dalam tahap aktif bergerak, warna cat dinding bisa diganti dengan warna yang primer yang mendukung anak untuk lebih aktif dalam bermain dan belajar. Warna biru muda, hijau, ungu muda, kuning bisa menjadi pilihan.

“Memberikan efek yang ceria dan energik dengan sentuhan cat dinding kamar anak bisa membentuk karakter anak yang positif. Tentukan vocal point yang akan ditonjolkan kalau kita mau menggunakan warna yang lebih berani di salah satu sudut kamar,” katanya.

About Author

Related posts

Kebiasaan Sehat yang Harus Diajarkan pada Anak

Setiap orangtua pasti ingin selalu melihat anaknya sehat dan terhindar dari penyakit. Meskipun banyak virus dan bakteri yang dengan mudah menyebar lewat udara, tapi beberapa kebiasaan ini mungkin dapat mengurangi kemungkinan si Kecil terkena penyakit, terutama penyakit yang umum terjadi apabila tidak memerhatikan kebersihan seperti diare atau sakit gigi....

Read More

5 Aktivitas Seru Tanpa Gadget

Jujur, siapa di sini yang mengandalkan gadget sebagai hiburan utama anak di rumah? Kalau iya, Mama nggak sendiri kok. Banyak orangtua yang juga melakukan hal serupa. Masalahnya, seperti kita tahu, bermain gagdet seharian bukan hal positif. Sekalipun anak bisa mempelajari sesuatu bermanfaat dari gadget, tetap perlu batasan waktu yang...

Read More

Cara Efektif Supaya Anak Sukses di Sekolah (2)

6. Ajarkan kemampuan belajar Bersiap-siap untuk ujian dapat menjadi hal yang menakutkan untuk anak kecil dan banyak guru berasumsi bahwa orangtua akan membantu belajar untuk menghadapi ujian. Mengenalkan anak Anda kepada cara belajar yang baik sejak dini akan menghasilkan kebiasaan belajar yang bagus di kehidupannya di masa depan. Di...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: