Mendidik Tanpa Membuat Anak Stres

Mendidik anak agar selalu bahagia tidak harus memberinya kemewahan dan bantuan-bantuan. Malah kalau terlalu memanjakannya, anak akan sulit tumbuh menjadi pribadi yang mandiri di masa depan.

Memberikan masa kecil yang bahagia sangat penting agar anak nanti bisa tumbuh jadi orang sukses dan tidak gampang stres. Sebagai orangtua, kita bisa melakukan sejumlah cara untuk mendidik anak agar bisa jadi anak yang bahagia.

1. Ajak bermain di luar ruangan

Berlarian di lapangan, main ayunan, main jungkat-jungkit, hingga main lumpur bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Dilansir dari verywellfamily.com, ada penelitian yang menyebutkan bahwa aroma dari alam, seperti aroma pohon pinus, dan rerumputan bisa meningkatkan suasana hati anak. Sekadar piknik di taman dekat rumah atau mengerjakan PR di taman belakang rumah bisa jadi kegiatan yang menyenagkan untuk menjaga suasana hati si kecil bisa selalu bahagia.

2. Batasi penggunaan gadget

Saat sedang berkumpul atau melakukan kegiatan bersama, jangan disibukkan dengan gadget. Begitu pula saat mengerjakan PR, sebaiknya tak pakai gadget bila tak benar-benar diperlukan agar tidak ketergantungan. Kalau butuh gadget untuk belajar atau mengerjakan tugas, kita harus selalu mendampinginya.

3. Mengucap syukur bersama setiap hari

Mengucap syukur dari hati yang terdalam setiap hari bisa membantu anak jadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia. Kita bisa mengucapkan syukur pada hal-hal sederhana yang kita alami setiap hari dengan anak. Dengan kebiasaan bersyukur ini, anak bisa mendapatkan rasa bahagia dan terlatih untuk selalu melihat sisi baik dari segala hal.

4. Jangan memenuhi semua permintaannya

Kalau kita terlalu memanjakan anak dengan selalu memenuhi permintaannya, nanti saat dewasa ia akan kesulitan untuk membedakan mana yang namanya hanya keinginan dan kebutuhan. Parahnya lagi, anak bisa tumbuh jadi pribadi yang matre saat konsep kebahagiaan yang dipahami adalah yang bisa diukur dengan uang atau materi. Anak pun perlu dilatih mengendalikan diri untuk tidak selalu memaksakan kehendaknya pada setiap hal.

5. Berbagi pada sesama

Berbuat pada sesama bisa membuat anak bahagia dan kebahagiaan yang mereka rasakan bisa membuat mereka jadi pribadi yang baik hatinya. Kebiasaan berbagi pada sesama yang dibangun sejak kecil bisa membuat mereka memiliki masa kecil yang bahagia dan berarti. Bahkan kebiasaan baik itu bisa terus terbawa hingga dewasa.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak agar bisa selalu bahagia. Yang tak kalah penting, kita juga perlu selalu meluangkan waktu melakukan kegiatan bersama dan mencurahkan kasih sayang kita. Karena hal terpenting yang bisa membuat anak bahagia adalah saat anak bisa merasakan cinta yang tulus dari kedua orangtuanya.

About Author

Related posts

Ketika Anak Perempuan Malu dengan Bentuk Tubuhnya

Sebuah survei menunjukkan, usia rata-rata di mana anak perempuan pertama kali sadar mengenai tubuhnya semakin muda yaitu pada umur 9-10 tahun. Di umur ini, anak perempuan mulai berbicara tentang fakta bahwa beberapa anak di kelasnya “memiliki perut” dan beberapa tidak. Dan walaupun kedengarannya masih muda untuk mengkhawatirkan soal perut...

Read More

Mom, Kenali Penyebab Sariawan pada Si Kecil !

Sariawan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja karena penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. Sariawan sendiri akan muncul di area lidah, bibir, atau di berbagai area bagian dalam mulut. Secara umum, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak yang sariawan, umumnya...

Read More

Kapan Suara Si Jagoan Kecil Berubah?

Masa pubertas adalah masa penting dalam kehidupan seseorang karena di masa ini, seorang anak mengalami begitu banyak perubahan dalam hidupnya. Tak terkecuali perubahan fisik. Masa pubertas datangnya tak dapat diprediksi, baik itu pada anak lelaki maupun perempuan. Tetapi, sesungguhnya tanda-tandanya bisa terlihat. Pada anak lelaki, salah satunya adalah lewat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: