Mengurangi Kecemasan Anak Menjelang Hari Senin

Menjelang minggu sore, apakah anak Mama perlahan menjadi meredup dan cemas? Cemas karena harus memulai rutinitas sekolah keesokan harinya.

Bagi sebagian anak, minggu malam mungkin terasa mencekam dan menyebalkan. Setelah bersenang-senang selama akhir pekan, anak harus bersiap untuk kembali ke sekolah di hari Senin. Kecemasan ini dapat berubah menjadi stres. Karena itu, Mama harus mengajarkan kepada anak bagaimana caranya mengelola kecemasan.

Mama dapat melakukan beberapa strategi untuk membantu anak agar menjadi lebih tenang di Minggu malam dan dapat tidur dengan nyenyak.

Ini rangkuman 5 cara terbaik untuk membantu anak mengurangi kecemasan.

  • Luangkan waktu bersama anak di minggu malam

Menghabiskan waktu bersama anak di Minggu siang atau malam dapat membuat anak merasa tenang. Semakin anak merasa terkoneksi dengan Mama, semakin dia merasa aman dan siap mengatasi kekhawatirannya.  Anak tahu bahwa Mama ada di belakangnya.

Beberapa hal dapat Mama lakukan bersama anak seperti bersepeda, bermain game, menari bersama, menyiapkan bekal untuk hari Senin, atau berenang.

Terlepas dari apa kegiatannya atau apakah itu hanya dilakukan berdua atau bersama seluruh keluarga, bersenang-senang bersama membantu mengurangi kecemasan anak.

  • Beri pelukan atau kontak fisik

Pelukan terbukti dapat meredam kegelisahan. Bila anak Mama sudah bertambah besar dan malu untuk dipeluk, sekedar rangkulan di bahu juga sangat membantu.

Sambil merangkul anak, Mama dapat mengobrol hal-hal kecil. Selain itu, sebelum tidur, Mama dapat mengobrol bersama anak. Biarkan anak bercerita tentang segalanya, sesekali Mama bisa mengajukan pertanyaan.

Pikiran anak pun akan teralihkan dan ia dapat tidur dengan tenang. Tidak perlu waktu lama untuk melakukan hal ini. 5-10 menit dapat memberikan kenyamanan yang dibutuhkan anak.

Mama juga dapat duduk bersama anak sambil membaca buku, menonton TV, atau sekedar berjalan-jalan mengelilingi komplek rumah.

  • Minum susu hangat

Banyak yang memperdebatkan efektivitas minum susu hangat untuk membangkitkan kantuk. Apakah disebabkan oleh triptofan yang terkandung dalam susu? Namun apa pun itu, susu hangat memberi efek rileks seperti halnya mandi air hangat. Sehingga setelah minum susu hangat, anak dapat menjadi lebih santai.

  • Mandi air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu anak untuk lebih santai. Mandi selain dapat membersihkan semua kotoran di akhir pekan, juga dapat menenangkan mereka dan membuat anak siap untuk tidur.

Kehangatan mandi menenangkan otot-otot (percaya atau tidak, anak juga bisa merasa pegal, Ma) dan menenangkan tubuhnya.

Ketika kecemasan meningkat, Mama bisa menyiapkan mandi busa, biarkan anak berendam dan bermain air sedikit lebih lama dari biasanya. Mama juga bisa menambahkan minyak esensial untuk menambah relaksasi.

  • Cemilan sebelum tidur

Ketika anak mengalami kesulitan tidur di malam hari dan sering terbangun dengan mimpi buruk di malam hari, Mama dapat memberikan cemilan. Mama bisa mengatakan kepadanya bahwa itulah yang Mama lakukan ketika tidak bisa tidur atau merasa cemas.

Katakan kepada anak bahwa dia bisa mengunyah cemilan sampai merasa mengantuk. Kemudian ia akan mencoba untuk berbaring dan tertidur.

Hal ini dapat mengalihkan pikiran anak dari kekhawatiran dan membuatnya merasa memiliki solusi. Namun hati-hati ya, Ma. Jangan sampai cemilan menjadi pelarian anak ketika merasa cemas atau stres. Yang ada anak menjadi obesitas dan tidak sehat.

Trik-trik kecil ini dapat membantu meningkatkan perasaan nyaman dan rileks, memperkuat hubungan antara Mama dengan anak dan seluruh keluarga, dan membantu anak untuk mengelola segala kekhawatiran yang mungkin mereka miliki.

About Author

Related posts

Ketika Anak Perempuan Malu dengan Bentuk Tubuhnya

Sebuah survei menunjukkan, usia rata-rata di mana anak perempuan pertama kali sadar mengenai tubuhnya semakin muda yaitu pada umur 9-10 tahun. Di umur ini, anak perempuan mulai berbicara tentang fakta bahwa beberapa anak di kelasnya “memiliki perut” dan beberapa tidak. Dan walaupun kedengarannya masih muda untuk mengkhawatirkan soal perut...

Read More

Mom, Kenali Penyebab Sariawan pada Si Kecil !

Sariawan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja karena penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak. Sariawan sendiri akan muncul di area lidah, bibir, atau di berbagai area bagian dalam mulut. Secara umum, area mulut yang terkena sariawan akan dikelilingi guratan merah dan menimbulkan rasa sakit. Anak-anak yang sariawan, umumnya...

Read More

Kapan Suara Si Jagoan Kecil Berubah?

Masa pubertas adalah masa penting dalam kehidupan seseorang karena di masa ini, seorang anak mengalami begitu banyak perubahan dalam hidupnya. Tak terkecuali perubahan fisik. Masa pubertas datangnya tak dapat diprediksi, baik itu pada anak lelaki maupun perempuan. Tetapi, sesungguhnya tanda-tandanya bisa terlihat. Pada anak lelaki, salah satunya adalah lewat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: