Si Kecil Juga Butuh Me Time

Menjadi orangtua, pastinya akan membuat Mama ingin selalu berdekatan dengan anak, bukan? Tak hanya selalu ingin dekat dengannya, Mama juga ingin selalu ada bersamanya saat senang maupun susah.

Tidak apa kok Ma, memang seperti itulah naluri seorang Mama pada anaknya. Namun jangan terlalu sering bersikap demikian pada si Kecil ya. Meskipun masih kecil, ternyata ia juga membutuhkan privasinya sendiri. Salah satunya adalah saat me time-nya bermain.

Mama tak harus selalu mengawasinya dan mengajaknya bermain bersama lho. Bonding dengan si Kecil memang baik bagi tumbuh kembangnya, namun perlu diingat pula bahwa ia juga memerlukan privasinya sendiri agar beberapa manfaat ini bisa didapatkan si Kecil.

Penasaran apa saja manfaat yang akan anak dapatkan dari me time? Berikut rangkuman 5 manfaatnya!

  1. Lebih percaya diri dan bahagia

Tak hanya sosialisasi saja yang dapat membuatnya bahagia dan percaya diri.

Nyatanya, me time juga merupakan kegiatan yang ampuh untuk menambahkan kepercayaan diri dan menumbuhkan kebahagiaanya.

Dengan me time yang berkualitas, misalnya seperti saat ia sedang bermain bongkar pasang, maka sikap percaya diri untuk menyelesaikan permainan tersebut dapat terlatih.

Jika ia sukses menyelesaikan permainan tersebut, maka bukan tidak mungkin jika perasaan bahagia dan bangga akan timbul pada dirinya sendiri.

  • Menciptakan kreativitas

Mari ambil contoh yang sama seperti di atas, saat si Kecil sedang bermain bongkar pasang sendirian, maka kreativitasnya akan sangat terasah daripada ia harus bermain bongkar pasang bersama teman-teman lainnya.

  • Bekal kemandirian sosial

Sebagian anak memang senang jika sedang berada di keramaian, namun sebagian tidak. Nah, jangan sampai si Kecil hanya dominan di satu sisi saja. Sebisa mungkin Mama dapat membentuknya menjadi pribadi yang dapat beradaptasi di mana saja.

Salah satu kunci sukses untuk mudah beradaptasi adalah sikap mandiri pada anak. Sikap mandiri tersebut bisa ia dapatkan ketika sedang me time atau saat ia sedang menghabiskan waktunya sendiri.

  • Membawa ketenangan

Sama halnya seperti Mama, si Kecil juga sangat membutuhkan ketenangan jiwa lho. Bukan dengan selalu didampingi oleh Mama, namun lebih kepada bagaimana ia dapat mengontrol emosinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Salah satu yang dapat mengasah sikap tenang pada anak adalah dengan me time.

  • Siap untuk sekolah

Saat awal masuk sekolah, Mama mungkin banyak menemukan anak-anak lain yang menangis tak henti-hentinya karena merasa tidak nyaman dengan lingkungan baru tanpa dampingan dari Mama.

Hal tersebut bisa saja terjadi pada anak-anak yang tidak dibiasakan untuk memiliki waktu pribadinya sendiri.

Jika ia terbiasa sendiri dan mandiri, maka bukan tidak mungkin jika awal masuk sekolah ia akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Nah, itulah kelima manfaat yang bisa si Kecil dapatkan dari me time. Meskipun sepele dan kadang tak terpikir oleh Mama sebelumnya, ternyata me time memiliki manfaat yang begitu hebat bagi perkembangan pskiologis anak ya, Ma!

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: