Siapakah Anak-anak Paling Bahagia Di Dunia?

Bulan Maret 2016 lalu, PBB meliris “Indeks Kebahagiaan Dunia” yakni berupa  peringkat negara negara terbahagia dunia. Ternyata, Denmark menempati peringkat pertama, menggeser Swiss. Tahukah Anda, ternyata Denmark tak pernah keluar dari peringkat 10 besar World Happiness Report. Tahun 2013 dan 2014, menempati peringkat pertama. Lalu 2015 di peringkat dua, kembali lagi di tahun 2016 ini.

Survei dilakukan di 157 negara selama 2013-2015 dengan skor rata-rata 5,1. Sedangkan enam variabel yang digunakan untuk menentukan peringkat kebahagiaan satu negara di dunia, yakni: GDP per kapita, harapan hidup, kebebasan memilih, kebebasan dari korupsi, kemurahan hati, serta memiliki seseorang untuk diandalkan.

Mengapa orang-orang di negara berbentuk kerajaan ini selalu berbahagia? Jessica Joelle Alexander dan Iben Sandahl, penulis The Danish Way of parenting,  menuangkan hasil investigasi serta hasil wawancara dengan banyak orang tua di Denmark.

Dari hasil investigasi itu, Alexander dan Sandahl menuliskan, orang-orang di Denmark tumbuh sebagai anak-anak dengan masa kecil yang menyenangkan dan banyak bermain. “Bermain merupakan aturan wajib yang ditetapkan negara untuk anak-anak, “katanya.

Jadi, kata Alexander, orang tua tidak boleh melarang anak untuk bermain. Sebaliknya, orang tua harus memberikan dan menyediakan waktu bermain untuk anak-anak sebanyak-banyaknya.

Bahkan sebaliknya, tulis Alexander, negara mengatur, anak-anak di Denmark tidak boleh terlalu kelamaan belajar di dalam kelas atau rumah. Selain itu, kebanyakan orang tua di Denmark jarang menyertakan anak-anak pada ekstrakurikuler olahraga yang terorganisir.

Umumnya, anak-anak dibiarkan bermain di taman atau halaman rumah di akhir pekan selama yang mereka inginkan. Anak-anak Denmark dibiarkan memilih permainan dan aktivitas yang mereka suka serta membuat mereka bahagia.

Kemudian, kedua penulis buku tersebut di atas juga mengungkapkan bahwa tradisi orang tua Denmark selalu berusaha jujur pada anak-anak. Orang tua di Denmark sebisa mungkin berusaha untuk menerangkan kondisi yang sulit pada anak sesuai bahasa yang mudah dipahami.

“Orang tua di Denmark jarang menutupi kondisi dan situasi, baik dalam keluarga atau apapun yang terjadi di dunia,” jelas Alexander.

Membuat segalanya nyata, kata Alexander, membuat anak tidak gelisah dan hidup lebih tenang. “Orang tua dan orang dewasa tidak membuat kehidupan anak menjadi sulit. Intinya, anak-anak harus dan wajib lebih banyak bermain ketimbang belajar,” imbuhnya.

Permainan yang biasa diajarkan pada anak di Denmark, sebut Alexander, selalu dalam kelompok bermain. Tujuannya agar anak memiliki rasa empati, belajar bersosialisasi, dan memahami pentingnya bertoleransi.

About Author

Related posts

Cara Menghadapi Buah Hati Setelah Orang Tua Berpisah

Tidak ada yang mau mengalami perpisahan, tapi dalam hubungan rumah tangga hal ini mungkin saja terjadi. Ketika masalah perceraian tak bisa dihindari, anak-anak yang akan menjadi korbannya. Sayangnya, tidak semua orangtua peka terhadap hal ini, hingga akhirnya memengaruhi si kecil. Ya, ada cara tersendiri yang mesti dilakukan oleh orangtua...

Read More

Langkah Efektif Mendidik Remaja

Mendidik anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia bukanlah hal yang mudah, sebab diperlukan pengetahuan, cara yang tepat serta proses panjang untuk mendidik anak sesuai dengan karakternya, khususnya saat anak sudah remaja. Rentang Waktu Usia Remaja Fase remaja dimulai sejak usia balig. Laki-laki umumnya terjadi saat memasuki usia 13—22 tahun,...

Read More

10 Teknik Agar Anak Berjiwa Wirausaha

Kadang Orang tua lupa bahwa ketika si anak sudah besar nanti ia harus mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dan mencari uang sendiri. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mulai mengajarkan anak mencari uang yang halal, misalnya berniaga. Sehingga, ilmu bisnis pun akan memberikan jejak positif bagi anak saat...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: