Tanda Orangtua yang Hebat

Menjadi orangtua adalah pengalaman yang menyenangkan. Tapi tidak semua pasangan yang menikah mendapatkan kesempatan tersebut. Menjadi orangtua tidak mudah, ada banyak hal yang harus dipelajari. Suka maupun duka. Orangtua yang baik akan memberikan manfaat yang baik kepada anak-anaknya.

Berikut adalah 7 tanda jika Mom sudah menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak. Yuk, simak 7 tandanya di bawah ini.

Memiliki Kesabaran yang Tinggi

Saat menghadapi satu masalah Mom selalu sabar. Menghadapi anak yang ngambek, Mom mampu bertindak dengan tenang dan tidak perlu merasa panik. Saat Mom memiliki kesabaran yang tinggi, itu artinya Mom adalah orangtua yang hebat.

Biarkan Si Kecil Menyelesaikan Masalahnya

Saat si kecil mengalami kesulitan, tidak perlu panik dan terburu-buru membantu si kecil untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Biarkan anak belajar untuk menjadi pribadi yang tangguh dengan menyelesaikan masalah.

Mengenalkan Permainan Sesuai dengan Umurnya

Tidak perlu tergesa-gesa memberikan mainan yang tidak sesuai dengan umurnya, hanya demi memenuhi gengsi dan ego Mom. Hanya karena anak dari teman atau saudara memiliki mainan baru, bukan berarti Mom harus memberikan hal yang sama juga. Sesuaikan mainan dengan umurnya.

Belajar untuk Tanggung Jawab

Ajari anak untuk belajar tanggung jawab. Mulai dari hal yang sederhana, seperti membereskan kembali mainan yang sudah dipakai. Mengajak ia untuk ikut merawat dan membersihkan rumah.

Stop Membandingkan

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anak itu istimewa, maka stop membandingkan. Jangan membuat ia merasa rendah diri dan kurang percaya diri. Membandingkan akan menghambat perkembangan pribadinya.

Dengarkan Kata Mereka

Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh didengarkan. Anak-anak pun butuh untuk didengarkan. Berikan perhatian dan luangkan waktu Mom untuk mendengarkan semua cerita yang ingin ia sampaikan.

Gemar Memberikan Pujian

Setiap anak gemar dipuji, maka tunjukkan antusiasme Mom terhadap prestasi si kecil dengan memberikan pujian kepadanya. Tidak harus menunggu si kecil melakukan hal yang hebat untuk memberikan pujian. Saat si kecil dapat membetulkan tali sepatu tanpa bantuan orang lain pun dapat Mom apresiasikan.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: