Tips Memilih Baju Olahraga untuk Anak

Ada banyak orang yang bertanya mengapa olahraga harus memakai pakaian yang tepat? Mengapa tidak boleh memakai pakaian yang asal saja?  Memakai pakaian olahraga yang tepat saat berolahraga ternyata sangatlah penting, apalagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Ya, diketahui pakaian olahraga training yang tepat sebenarnya dapat memiliki dampak yang cukup besar pada kinerja anak dalam berolahraga. Dengan pakaian olahraga yang tepat, keringat anak pun dapat lebih mudah terserap dan tidak membuatnya gatal. Selain itu, pakaian olahraga yang dikenakan juga dapat membantu melindungi anak dari lingkungan sekitar.

Jika anak berencana untuk berolahraga di luar ruangan di musim panas, maka ia juga harus mempertimbangkan menggunakan pakaian yang agak longgar dan kain yang bisa ‘bernapas’. Hal ini akan membantu menjaga tubuh anak tetap sejuk, sehingga ia tidak kepanasan. Selain itu, anak juga bisa memilih warna yang lebih terang untuk memantulkan sinar matahari dari tubuh.

Warna gelap akan menyerap sinar matahari lebih banyak. Sedangkan pada musim dingin, pakaian olahraga yang anak butuhkan akan berbeda. Pilihlah pakaian yang lebih tebal, tapi tetap memiliki ‘ventilasi’ agar pengaturan suhu tubuh tetap terjaga.

Nah, berikut rangkuman 4 tips tepat dalam memilih pakaian olahraga:

  • Pilihlah pakaian olahraga dengan jenis kain yang menyerap keringat

Pada tahun 2017, terdapat sebuah penelitian seputar pakaian olahraga yang memengaruhi efek pendinginan badan setelah berolahraga.

Di dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pakaian dengan bahan polipropena lebih baik dibandingkan poliester biasa. Polipropena merupakan bahan yang biasa digunakan untuk pakaian dalam termal.

Pakaian dalam termal ini dipercaya dapat membuat badan anak cepat kering dari keringat.

  • Pilih jaket yang nyaman untuk anak berolahraga di musim dingin atau berangin

Pernahkah Mama berlari dengan kaus dan celana pendek saat angin sedang kencang-kencangnya? Jika pernah, pasti Mama tahu kan bagaimana dinginnya angin menusuk tubuh? Kalau sudah begini, hati-hati flu dan pilek yang mengintai, ya!

Nah, untuk menghindari kondisi tersebut, jangan lupa siapkan jaket atau pakaian luar tambahan untuk anak gunakan agar ia terlindungi dari angin dan hujan yang menghambat olahraga.

  • Jangan lupa kenakan sports bra untuk anak perempuan

Bagi anak perempuan mama yang senang berolahraga, sports bra adalah pakaian dalam yang wajib digunakan. Seperti yang dikutip dari Girls Health, sports bra dapat membantu menjaga payudara anak agar tidak sakit ketika berolahraga.

Cobalah mencari ukuran yang tepat ketika membelinya dan tanyakan kepada pegawai toko jika Mama mengalami kesulitan mendapatkan ukuran yang pas untuk anak.

  • Pilihlah sepatu olahraga yang pas

Memilih pakaian olahraga memang sangat penting agar latihan yang anak jalankan dapat berjalan dengan nyaman. Namun, memilih sepatu juga tak kalah penting.

Memilih sepatu olahraga yang tepat dan ukuran yang pas dapat mengurangi risiko cedera. Sepatu yang tepat juga membuat anak lebih nyaman berolahraga. Untuk lebih jelasnya, ini dia beberapa tips memilih sepatu yang tepat untuk digunakan saat berolahraga:

  • Memiliki sol sepatu yang datar, tidak licin, penyangga tumit yang baik, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar.
  • Memberikan dukungan yang tepat untuk kaki anak.
  • Mengganti sepatu jika solnya sudah rusak, kaki terasa lelah, atau tulang kering, lutut, dan pinggul anak sakit.

Apabila anak memakai sepatu yang salah, tentu hal tersebut akan memengaruhi berbagai aspek kesehatan pada tubuhnya. Mulai dari telapak kaki nyeri, tendon meradang, kuku kaki lepas atau memar, hingga patah tulang kecil.

Berolahraga memang baik untuk tubuh anak, tetapi bila dilakukan tanpa memedulikan pakaian dan aspek pendukung lain tentu bisa berdampak negatif pada tubuhnya.

Dengan memilih pakaian dan sepatu olahraga yang tepat, anak pun bisa berolahraga dengan nyaman serta mendapatkan manfaat yang optimal.

About Author

Related posts

Umur Berapa Anak Boleh Puasa?

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah baligh atau sudah melewati masa puber. Namun, banyak keluarga yang sudah menerapkan puasa untuk anaknya dari usia dini, dari menerapkan puasa setengah hari sampai puasa satu hari penuh. Hal ini dilakukan untuk membiasakan anak berpuasa di bulan Ramadan sehingga nanti jika...

Read More

Oh Tidak, Orangtua Terlanjur Memukul Anak

Kerap terjadi konflik antara orang tua dengan anaknya yang sudah remaja. Alasannya bisa bermacam-macam, entah itu beda pendapat, anak membantah perintah orang tua, anak pulang malam, atau sebab-sebab lainnya. Dalam situasi konflik yang agak panas, tak jarang orang tua lepas kontrol sehingga terjadi pemukulan secara fisik. Psikolog Klinis Remaja,...

Read More

Buah Hati Anda Grogi Sebelum Ujian di Sekolah?

Jika memiliki anak yang sedang bersekolah, tentu ujian jadi hal yang sangat penting bagi si anak. Nah, ujian ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa cemas pada si kecil. Bahkan tak sedikit yang sampai stres dan ketakutan memikirkan ujian ini. Ujian menjadi hal yang sangat penting di jaman kompetisi seperti...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: