Tips Menghadapi Anak Yang Aktif Bertanya

Jangan pernah anggap anak yang aktif bertanya sebagai anak yang bawel. Dibalik aktifnya itu, ada hal tersembunyi dari anak, apa saja itu;

1. Anak yang banyak bertanya menunjukkan anak yang aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal itu juga menjadi salah satu tanda anak yang sehat dan pintar. Namun, orang tua juga harus memberitahu agar anaknya bisa bertanya pada saat yang tepat. Misalnya, anak jangan dulu bertanya saat ibunya sedang berbicara dengan temannya. Jadi orang tua mengajarkan pula pada anaknya untuk bertanya pada tempat dan waktu yang tepat.

2. Orang tua bisa mengukur kepintaran anak dari caranya bertanya. Semakin banyak anak melontarkan pertanyaan, orang tua bisa mengenal karakter anak sebenarnya.

3. Anak banyak bertanya juga menjadi cara untuk melatih komunikasi anak dan orang tua saat dewasa nanti. Bila sejak kecil anak sudah diminta berhenti bertanya atau bicara, maka ketika besar, saat orang tua membutuhkannya untuk bicara, anak justru tidak mau bicara atau bertanya.

Hubungan yang hangat dan terbuka antara orang tua dan anak akan memudahkan komunikasi sehingga semua masalah dapat dibicarakan dengan perasaan wajar dan tidak malu-malu.

Apa saja yang harus disiapkan orang tua agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anak.

1. Orang tua harus banyak membaca untuk menambah pengetahuannya. Hal itu sangat berguna untuk bisa menjawab pertanyaan dari anak.

2. Orang tua harus bersikap sabar dalam menghadapi pertanyaan dari anak. Jangan sampai mematikan keinginan anak untuk bertanya hanya karena orang tua marah atau kesal saat anak mengajukan banyak pertanyaan.

3. Hindari melabeli anak dengan kata bawel atau cerewet pada anak ketika mereka mulai banyak bertanya.

About Author

Related posts

Melatih Budi Pekerti Dengan Mainan Zaman Old

Permainan tradisional kini mulai terkikis keberadaannya, khususnya di kota besar. Terutama sejak munculnya permainan baru yang lebih atraktif, membuat anak lebih senang karena lebih praktis dan menarik. Sebagai contoh, merebaknya PlayStation (PS) yang merupakan produk dari Jepang. Padahal, permainan tradisional anak pada kenyataannya bisa dijadikan media pembelajaran dan pendidikan...

Read More

Jadikan Rumah Sebagai Laboratorium Anak

Di masa mendatang, untuk bisa hidup sejahtera, kreatifitas dan inovatif menjadi kunci utama. Memiliki otak encer atau cerdas menjadi tidak berguna bila tak mempunyai kedua hal itu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berkreasi, sedangkan inovatif adalah kemampuan menciptakan hal-hal...

Read More

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: