Tips Meredam Kekhawatiran Orangtua

Menjadi orangtua pasti memiliki banyak kekhawatiran terhadap hidup anaknya, sehingga untuk mengatasi kekhawatiran tersebut biasanya akan melakukan segala hal termasuk cara mendidik anak yang baik.

Berdasarkan hasil survey dari Babycenter.com, ada 5 kekhawatiran terbesar yang sering dirasakan oleh orangtua, yaitu:

  1. Khawatir terhadap tumbuh kembang anak

Tumbuh kembang anak akan selalu menjadi hal utama yang dipikirkan oleh para orangtua, semua yang terbaik akan dilakukan dengan harapan anaknya akan menjadi pintar. 

Sebaiknya lakukan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang anak, caranya dengan mengetahui apa bakat yang dimiliki oleh anak kita. Beda anak beda pintar dan tentunya beda cara memaksimalkan tumbuh kembangnya. Untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak kita, Mam dapat mencoba Smart Strength Finder yang ada di parentingclub.co.id sehingga tahu cara mendidik anak yang baik.

  • Khawatir terhadap keselamatan anak

Jaman sekarang memang banyak terjadi kejahatan terhadap anak, sehingga banyak orangtua yang khawatir terhadap keselamatan anak-anak mereka. Yang harus dilakukan adalah memastikan tempat tinggal berada pada lingkungan yang baik dan sehat. Begitu juga dengan orang-orang yang ada disekeliling anak haruslah orang-orang yang dapat dipercaya. Selain itu juga harus sering berkomunikasi dengan anak dan memberitahu bahwa mereka hanya dapat pergi dan berinteraksi dengan orang-orang dekat saja.

  • Khawatir anak akan terluka dalam kecelakaan

Banyak orangtua yang khawatir anak-anaknya akan terluka pada suatu kecelakaan. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum berpergian dengan menggunakan mobil, sepeda motor atau sepeda harus dipastikan bahwa anak-anak menggunakan alat keamanan. 

Jika naik mobil, anak balita dapat duduk di car seat atau duduk di kursi mobil dan menggunakan sabuk pengaman. Sedangkan jika naik sepeda motor atau sepeda harus menggunakan helm dengan posisi duduk yang benar

  • Khawatir anaknya di-bully atau mem-bully

Jaman sekarang anak-anak banyak yang di-bully dan mem-bully di lingkungannya. Agar hal tersebut tidak terjadi pada anak kita, maka sejak dini harus sering diberikan contoh perilaku yang baik di rumah. Mam harus tahu cara mendidik anak yang baik agar kelak mereka menjadi orang yang memiliki empati tinggi sehingga tidak akan melakukan hal-hal negatif pada orang lain. 

  • Khawatir dengan masalah berat badan anak

Setiap anak pasti akan melewati masa susah makan atau terlalu suka makan. Sehingga orangtua ada yang takut anaknya terlalu kurus atau terlalu gendut. Solusinya adalah Mam harus rajin memantau makanan bagi anaknya, harus dipastikan yang dimakan oleh mereka nilai gizinya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain itu Mam juga harus membiasakan memberi jadwal makan terhadap anak-anak, sehingga jika sudah waktunya makan mereka hanya fokus makan tanpa harus melakukan aktivitas lain.

About Author

Related posts

Cara Mengenali Dan Menyikapi Kecerdasan Anak

Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda? Tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak. Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, Anda perlu memahami...

Read More

Tips Hadapi Anak Lain Yang Berprilaku kasar

Anak Mama tentu pernah bermain bersama temannya, entah itu di sekolah, taman, atau mal. Jika anak melakukan kesalahan misalnya berkata kasar atau berkelahi dengan anak lain, sebagai orangtua, Mama tentu akan langsung mendisiplinkannya. Namun bagaimana jika anak orang lain yang berperilaku kasar atau buruk? Apa yang harus Mama lakukan...

Read More

Menyembuhkan Kenakalan Anak Dengan Terapi Kesenian

Belum banyak yang tahu, perilaku anak nakal sebenarnya bisa disebabkan karena suatu kondisi mental yang disebut oppositional defiant disorder (ODD). Sama seperti kondisi mental lainnya, ODD bisa disembuhkan. Salah satunya, dengan art therapy atau terapi seni. Teknik yang digunakan dalam art therapy, bertujuan untuk membuat anak dapat mengekspresikan dirinya....

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: