Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum.

Berikut adalah tips untuk membuat perjalanan mudik bersama si kecil berjalan menyenangkan. Check this out!

Amati Kebiasaannya

Meskipun kamu terbiasa bersama si kecil setiap hari, tapi akan lebih baik jika kamu mengamati kebiasaan detail si kecil. Perhatikan kapan si kecil harus tidur, makan, dan minum susu. Pelajari juga situasi apa yang membuat si kecil tenang.

Menjaga Kesehatan

Pastikan kesehatan si kecil saat akan mudik terjaga. Pastikan si kecil fit dan bugar selama perjalanan. Agar si kecil dapat menikmati suasana perjalanan, dan tetap nyaman meskipun harus melakukan perjalanan yang cukup lama.

Siapkan Semua Peralatan untuk Si Kecil

Siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan si kecil, seperti termos air hangat, susu, makanan dan camilan si kecil. Jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti, agar si kecil tetap nyaman selama perjalanan. Dan jangan mengenalkan makanan baru selama perjalanan mudik, bisa jadi si kecil tidak cocol dengan makanan tersebut.

Tenang

Tidak perlu panik, cobalah untuk selalu tenang saat menghadapi ‘kejutan’ selama perjalanan dari si kecil. Sikap tenang kamu akan membuat si kecil merasa nyaman selama perjalanan.

Sesuaikan Jadwal

Sesuaikan jadwal perjalanan mudik dengan pola si kecil. Untuk melakukan perjalanan bersama si kecil pilih malam hari, karena jam biologisnya waktu tidur sehingga dia akan merasa lebih nyaman dalam perjalanan.

Jadikan momen mudik ini sebagai perkenalan bagi si kecil untuk perjalanan menyenangkan bertemu dengan keluarga. Selamat mencoba.

About Author

Related posts

5 Penyebab Karies Gigi pada Anak

Kesehatan gigi pada anak termasuk salah satu yang sering dijaga dengan baik. Tak jarang orangtua selalu mengingatkan anaknya untuk selalu membersihkan gigi karena kesehatan gigi dan mulut begitu penting. Karies gigi menjadi permasalahan yang mudah dialami oleh anak kecil karena telah lalai menjaga kebersihan gigi. Karies gigi adalah salah...

Read More

Perkembangan Fisik Anak Usia 3 Tahun

Di usia 3 tahun, umumnya anak telah memiliki satu set gigi susu yang lengkap. Yang terakhir muncul biasanya adalah gigi geraham yang tumbuh antara usia 23 hingga 33 bulan. Gigi susu ini tidak akan tanggal hingga minimal usia 5 tahun sampai nantinya anak berusia 7 tahun. Untuk itu, sangat...

Read More

Si Kecil Juga Butuh Me Time

Menjadi orangtua, pastinya akan membuat Mama ingin selalu berdekatan dengan anak, bukan? Tak hanya selalu ingin dekat dengannya, Mama juga ingin selalu ada bersamanya saat senang maupun susah. Tidak apa kok Ma, memang seperti itulah naluri seorang Mama pada anaknya. Namun jangan terlalu sering bersikap demikian pada si Kecil...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: