Trik Merangsang Kecerdasan Anak Usia Dini

Ingin anak-anaknya cerdas? Ini ada trik-trik yang bisa diterapkan saat anak Anda memasuki usia dini, yakni sekitar 3-6 tahun.

Anda pernah nonton kontes da’i cilik yang disiarkan salah satu tv swasta? Pesertanya mampu hafal Al-quran beserta artinya dan juga pintar ceramah. Kenapa anak-anak cilik itu mampu? salah seorang orang tua dari peserta da’i cilik itu menuturkan, sejak masih dalam kandungan sampai usia 5 tahun, anak mereka sering diperdengarkan ayat-ayat Al-Quran.

Hal lain, bila Ibu dan Bapak ingin anak-anak punya kegemaran membaca, yang bisa dilakukan adalah sering membelikan buku cerita anak-anak bergambar menarik. Lantas, setiap hari, cukup selama 10 menit, ajak anak-anak bermain dengan mengomentari gambar-gambar yang ada dalam buku, serta menceritakan sedikit demi sedikit pesan moral yang ada dalam buku.

Hal demikian menanamkan karakter pada anak agar gemar membaca, senantiasa ia memiliki wawasan yang luas. Jika setiap hari anak terpapar dengan buku, maka yang tertanam dalam memorinya adalah membaca dan membaca.

Rangsang juga anak untuk berbicara, bacakan terus cerita setiap ada peluang, ajarkan ia membaca doa makan, doa tidur,dll. Harapannya, setiap hari kosa kata anak bertambah dari waktu ke waktu.

Demikian juga dengan menulis, jika menginginkan anak gemar menulis dan melukis, jangan larang ia memegang pulpen atau pensil, tapi belikan buku dan pensil warna, temani ia mencatat-coret buku, arahkan dan jangan dimarahi saat ia asyik bikin warna tak beraturan. Lakukan sesering mungkin, maka anak sudah terpapar dengan dunia menulis dan melukis yang akan berimplikasi pada dewasa nanti.

Kenalkan juga huruf, angka, serta warna pada anak dengan alat peraga menarik, ajak bermain, beri pujian, jangan pernah memvonis ia bodoh. Biarkan, ikuti apa keinginannya, apakah ia suka berhitung mulai dari angka 6,7,8 atau 2,3,5,10 atau ia suka membongkar balok lego, tapi tidak mau merangkai, biarkan saja ia berproses, berkreasi dan mengembangkan imajinasinya.

Jangan pernah memberi label pada anak “kamu nakal.” atau “kamu bodoh”. Bila memori otak si anak menyimpan kata ” nakal” atau “Bodoh” itu, ia pun terinspirasi berbuat nakal atau bodoh.

Terapkan hal-hal tersebut pada saat anak berusia 0 sampai 5 tahun. Menurut para ahli perkembangan otak manusia, usia lima tahun pertama perkembangan seorang manusia merupakan usia emas, yakni dimana perkembangan otak cepat dan mencapai puncak kematangan pda usia 5 tahun. Maka usia itu merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan kebiasaan di memori otaknya.

Apakah anda menginginkan anak anda menjadi seorang yang percaya diri, mandiri, cerdas, rapi, dan bijaksana saat ia dewasa nanti. Maka mulailah menanamkan pesan itu sejak usia emas.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: