Usia Ideal Anak Diajarkan Salat

Salat menjadi kewajiban bagi setiap muslim baik itu perempuan maupun pria. Salat merupakan rukun Islam yang ke dua. Salat sendiri menjadi salah satu ibadah yang tak boleh ditinggalkan dan tak ada toleransi bagi mereka yang meninggalkannya. Dalam kondisi apapun, seseorang wajib mengerjakan salat ketika telah tiba waktunya salat lima waktu.

Seseorang yang telah memenuhi syarat wajib salat, ia tak boleh meninggalkannya. Mengingat begitu pentingnya ibadah salat, penting bagi setiap orang tua muslim mengajarkan dan membiaskan anak salat sejak usianya sedini mungkin.

Lantas, pada usia berapa idealnya anak diajarkan salat? Melansir dari lamanislami.co, sejak anak usianya sedini mungkin, ia penting diajarkan salat. Sejak ia masih balita, orangtua perlu mengenalkan pentingnya ibadah salat bagi pemuluk agama Islam.

Mengajarkan Anak Salat

Mengajarkan anak-anak salat sejak usianya sedini mungkin dilakukan agar anak terbiasa salat dan memahami kewajibannya saat ia dewasa kelak. Meski mengenalkan salat sebaiknya dilakukan sejak usia anak sedini mungkin, usia ideal memerintahkan anak salat adalah saat usianya mencapai 7 tahun.

Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, “Perintahkan anak-anak kalian melakukan salat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.” (HR. Abu Daud).

Meski di dalam hadis dijelaskan agar orangtua memukul anak yang tidak mau salat, pukulan yang dimaksud bukan pukulan yang bisa memberi mudharat ke anak. Saat memerintahkan anak salat, orangtua bisa memberi sangsi yang membuat anak jera karena meninggalkan salat. Tapi ingat, pastikan bahwa sangsi ini tidak boleh berlebihan apalagi sampai membuat anak tersakiti hati maupun fisiknya.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: