Kiat Mendidik Anak Menjadi Pria yang Mengagumkan

Kehadiran anak dalam keluarga menjadi tanggung jawab orangtua untuk melindungi dan mendidiknya, agar tumbuh menjadi sosok yang memiliki kepribadian baik, sopan, santu dan juga meiliki martabat yang baik kelak ketika dewasa.

Anak-anak ibarat sebuah kertas putih yang masih kosong. Apa yang kita berikan dan ajarkan pada saat mereka masih kecil, akan membentuk pribadi dan karakter yang akan dibawanya hingga dewasa. Untuk itulah, memperhatikan dan mengupayakan segala bentuk pendidikan pada anak harus senantiasa diperhatikan.

Berbeda dengan anak perempuan, kecenderungan sikap anak laki-laki sulit diatur, menuntut orangtua untuk bisa bekerja ekstra dalam mendisiplinkan mereka. Apalagi mengingat sosok laki-laki adalah figur yang akan menjadi pemimpin ketika mereka dewasa yakni menjadi seorang ayah yang membimbing anak dan istrinya.

Menumbuhkan sikap dan pribadi yang baik pada anak laki-laki sangat penting. Karena kedisiplinan saja tidak akan cukup membuat anak laki-laki paham bagaimana harus bertindak dan memperlakukan oranglain, terutama lawan jenisnya. Saat ini masih banyak kekerasan, tindakan tidak senonoh, pelecehan atau tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh laki-laki. Untuk itulah, kita sebagai orang tua harus mengajarkan dan mendidik anak laki-laki menjadi sosok yang berakhlaq, menyenangkan hingga kelak anak memiliki kepribadian yang mengagumkan.

Anak laki-laki perlu diajarkan bagaimana mengasihi, memperlakukan perempuan dengan baik dan bagaimana bersikap dengan tegas. Dengan begini, bukan hanya jiwa berani yang tertanam dalam diri mereka, namun juga rasa hormat terhadap sesama terutama pada lawan jenis.

Berikut beberapa poin penting yang perlu diajarkan pada anak laki-laki guna membentuk karakternya menjadi sosok yang mengagumkan.

1. Ajarkan Menghormati Orang lain

Penting sekali mengajarkan anak laki-laki anda tentang bagaimana memberikan penghargaan dan hormat kepada orang lain yang ada disekitarnya, baik itu orangtua, tetangga atau teman-temannya.

Anak laki-laki perlu tahu dan memahami sejak dini bahwa arogansi adalah bentuk kesia-sian yang dapat menyakiti orang lain dan tidak pantas dilakukan. Buat anak-anak menerima orang lain dengan tangan terbuka, ajari dan berikan contoh kepada anak untuk merespon dengan baik siapa saja yang ingin berteman dan menjalin hubungan baik dengannya.

2. Ajarkan Tanggung Jawab

Mengajarkan anak laki-laki sebuah taggung jawab adalah hal yang penting. Karena hal ini lah yang harus mereka miliki saat mereka tumbuh menjadi sosok pria dewasa. Mendidik anak laki-laki yang salah bukan hanya menjadikan mereka sosok pria tak bertanggung jawab, namun juga membuat mereka disingkirkan dari pergaulannya terutama dalam hal ini adalah pergaulan bersama dengan lawan jenisnya.

Untuk itulah memberikan anak pendidikan bagaimana untuk bertanggung jawab adalah hal yang penting. Untuk mengajarkan poin ini, anda sebagai orangtua tentunya perlu menjadi role model yang memberikan contoh secara langsung pada anak. Misalkan dalam hal ini ibu yang tak pernah melupakan menyiapkan sarapan atau ayah yang tak pernah melewatkan menjemput si anak laki-laki saat pulang sekolah.

3. Berikan Anak Kenyamanan

Bukan hanya pada anak laki-laki, pola pengasuhan yang membosankan dan seringkali terlalu mengatur dan sikap orangtua yang semena-mena akan membuat anak merasa tidak nyaman dan memberikan tekanan yang besar pada diri anak dan membuat mereka semakin tak nyaman.

Rumah adalah tempat dimana anak akan merasa aman dan nyaman, ketikan kondisi rumah kehilangan fungsi yang sesungguhnya untuk si buah hati, maka bukan tidak mungkin hal ini membuat si anak semakin sulit menuruti orangtuanya. Untuk itulah, memberikan dan mengajarkan kedisiplinan pada anak tidak berarti anda harus membuat mereka tidak nyaman.

4. Keterbukaan Pada Anak

Berbagi pengalaman atau cerita dimasa lalu tentang kehidupan orangtua yang belum diketahui anak laki-laki seringkali menjadi cara yang ampuh untuk mendidik anak. Dengan melakukan hal ini, anda berarti menunjukan sikap keterbukaan anda pada anak laki-laki anda. Harapannya anak akan memahami dan mempelajari kisah orangtuanya untuk dijadikan pelajaran. Dengan demikian, ketika anak laki-laki tumbuh menjadi pria dewasa, mereka memiliki sikap terbuka, ini menjadi modal yang baik untuknya dalam menjalin hubungan dengan oranglain.

5. Tunjukan Kasih Sayang

Anak Laki-laki pada umumnya sulit menunjukan kasih sayang dan perhatian. Untuk itu, anda perlu mengajarkan mereka cara menunjukan kasih sayang. Berikan pemahaman pada anak-anak bahwa kasih sayang dan perhatian yang mereka tunjukan pada oranglain adalah bentuk rasa peduli dan tidak akan membuat mental mereka menjadi lemah.

6. Berikan Dukungan

Berikan selalu dorongan dan dukungan pada anak laki-laki agar tumbuh menjadi pria yang percaya diri. terus motivasi anak untuk mempelajari dan menerapkan hal-hal baik yang kita ajarkan.

About Author

Related posts

Ajak Anak Berenang Saat Puasa? Ada Aturannya

Mengajari anak berpuasa harus dibarengi dengan perubahan kebiasaan sehari-hari. Enggak cuma sebatas mengubah jadwal makan dan tidur, namun ada beberapa kebiasaan lain yang juga harus di tahan saat puasa Ramadhan. Selain itu, Bunda juga harus pintar mencari kegiatan untuk si kecil agar enggak mudah bosan menunggu waktu berbuka puasa....

Read More

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendirian

Anda memang perlu mengawasi setiap gerak-gerik anak saat ia beraktivitas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus menempel lengket setiap detik di samping anak ketika ia bermain. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan orangtua untuk membiasakan anak-anak mereka bermain sendirian, tanpa dampingan orangtua, karena akan...

Read More

Konsumsi Gula Mempengaruhi Otak Anak

Siapa sih yang tak suka gula? Terlebih anak-anak, biasanya hobi banget kan, Bun, mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Tapi, sebagai orang tua kita perlu tahu bahwa konsumsi gula punya pengaruh pada otak anak. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kadar gula yang tinggi bisa berefek negatif pada otak anak, mulai dari...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: