Banyak hal baik yang akan didapat dari mengenalkan olahraga pada anak sejak dini. Bukan hanya fisik yang sehat, tapi olahraga juga akan melatih kecerdasan, kerja sama tim dan caca bersosialisasi. Karena olahraga secara tidak langsung akan menyatukan setiap perbedaan yang ada.

Meski begitu, mengenalkan olahraga pada anak tidak selamanya berjalan lancar. Ada anak yang memang aktif dan lebih suka beraktivitas di luar ruangan, namun ada pula yang cenderung pasif dan susah bergerak. Untuk itu, perlu adanya pendekatan sehingga anak-anak mau berolahraga.

Berikut ini 5 cara yang cukup efektif untuk mengenalkan olahraga pada si kecil

Ajak Menonton Acara Olahraga

Menonton acara olahraga adalah cara awal untuk mengenalkan olahraga pada anak. Sebelum melakukannya, paling tidak si anak sudah tahu apa itu olahraga dan jenis-jenisnya. Sambil menonton, Anda bisa menceritakan sisi menarik bagi anak tentang olahraga tersebut.

Ada dua caranya, bisa dengan menonton di televisi atau datang langsung ke tempat berlangsungnya perlombaan olahraga tersebut. Tidak perlu datang ke kompetisi nasional, perlombaan antar kampung juga bisa jadi pilihan. Bukan hanya mengenalkan olahraga, hal ini juga akan membuat kedekatan antara orang tua dan anak semakin erat.

Selain menonton pertandingan olahraga, sebenarnya ada cara yang lebih menarik. Anda bisa mengenalkan melalui film tentang olahraga. Ada beberapa film anak-anak atau kartun yang bercerita tentang olahraga seperti Captain Tsubasa yang bercerita tentang sepak bola.

Mengenalkan Manfaat Olahraga

Seperti yang diketahui, olahraga memiliki segudang manfaat. Di antaranya adalah membuat tubuh lebih sehat, meningkatkan konsentrasi dan daya pikir, meningkatkan nafsu makan dan melatih kekompakan. Bahkan menekuni satu olahraga secara profesional dapat menjadi satu pekerjaan yang membanggakan diri sendiri, keluarga dan negara.

Hal itu perlu diajarkan pada anak sejak kecil. Paling tidak, dari hal-hal menyenangkan yang didapat dari olahraga, anak akan mulai tertarik untuk mencari tahu olahraga yang akan ditekuninya.

Memiliki Perlengkapan Olahraga

Sebelum mengenalkan olahraga pada anak, pastikan dulu orang tuanya juga suka berolahraga. Karena sejatinya anak memiliki kebiasaan meniru orang tuanya. Salah satunya adalah dengan memiliki perlengkapan olahraga pribadi.

Memiliki perlengkapan pribadi membuat Anda bisa berolahraga rutin di rumah. Tidak perlu mahal, ring di halaman rumah beserta bola basket mungkin salah satunya. Bagi yang benar-benar hobi berolahraga tentu memiliki perlengkapan olahraga adalah hal wajib.

Dari sini anak bisa melihat dan meniru kebiasaan rutin orang tua yang biasa berolahraga. Lama kelamaan ia akan penasaran dan ingin mencoba berolahraga dan memiliki perlengkapan sendiri.

Bermain Langsung

Setelah memiliki perlengkapan olahraga dan anak tertarik untuk berolahraga, cara selanjutnya adalah dengan langsung mempraktekkannya. Berolahraga sesuai yang diinginkan anak. Misalnya yang paling mudah dilakukan adalah bermain bola.

Jadikan Hal Rutin

Terakhir dan tidak kalah penting adalah menjadikan olahraga sebagai aktivitas yang rutin dilakukan. Agar tidak bosan, Anda bisa menyiasati dengan cara-cara kreatif yang membuat anak semakin tertarik.

Aktivitas sama yang dilakukan terus menerus tentu akan membuat seseorang merasa bosan, apalagi anak-anak yang cenderung lebih cepat bosan. Untuk menyiasati ini Anda bisa mengajak teman-temannya untuk berolahraga bersama atau selingi dengan hadiah bila berhasil mencapai sesuatu.

Bukan hanya mengenalkan olahraga pada anak, aktivitas rutin seperti ini tentu akan membuat orang tua dan anak semakin akrab dan mengenal satu sama lain. Kerja sama dan kekompakan semakin terjaga.

Saat berolahraga, metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih cepat. Untuk itu, memberikan asupan gizi yang cukup adalah hal penting agar anak tidak gampang sakit atau cedera. Bagaimana? Sudah siap mengenalkan olahraga pada anak?

About Author

Related posts

Penyebab Masalah Kulit Kepala Anak

Gatal dan berketombe adalah masalah seputar kulit kepala yang seringkali dialami anak-anak. Terutama pada anak-anak yang tinggal di negara tropis yang udaranya panas dan lembap. Namun, masalah kulit kepala bukan sekadar gatal dan berketombe saja. Jika diamati lebih dekat, pada kulit kepala biasanya muncul semacam benjolan kecil kemerahan menyerupai...

Read More

Masalah Mental pada Anak yang Merasa Jelek

Mencemaskan penampilan fisik merupakan hal yang kerap kali dialami anak remaja. Dalam fase ini, mereka mulai memperhatikan penampilan tubuhnya, berharap dapat mengubah fitur tertentu, bergelut dengan jerawat yang tiba-tiba muncul membabibuta di seluruh wajah hingga membandingkan diri dengan artis atau sosok lain yang diidolakannya. Meskipun hal ini cukup wajar...

Read More

Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Si Kecil

Dalam mendidik si Kecil, setiap orangtua pasti punya metodenya masing-masing, termasuk Mama. Nggak diragukan lagi, hal ini dilakukan karena Mama ingin memberikan yang terbaik untuk si Kecil. Sayangnya, nggak banyak Mama yang sadar kalau ternyata ada beberapa hal yang dilakukan selama ini bisa berpotensi memberikan dampak buruk untuk perkembangan...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: