Terapkan 7 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien Ini!

Cara belajar yang efektif perlu Anda terapkan agar proses belajar tidak sia-sia. Sebab, tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali pelajar yang belajar namun tetap tidak berhasil mencapai target yang diinginkan. Mereka hanya menggunakan waktu lama untuk belajar, namun hasil yang diperoleh tetap tidak memuaskan. Nah, berikut ini diberikan cara belajar yang efektif bagi Anda.

  1. Membuat Suasana Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan tempat belajar dengan suasana senyaman mungkin. Jika Anda nyaman dengan mendengarkan musik, pasanglah musik sesuai selera. Jika Anda nyaman belajar dalam suasana sejuk, gunakan AC atau bukalah jendela kamar. Lakukan sesuai dengan kenyamanan Anda saat belajar.

  1. Merangkum Pokok Pelajaran

Sebelum belajar, ada baiknya Anda merangkum pokok dari setiap mata pelajaran. Poin-poin penting tersebut kemudian dicatat kembali atau ditandai dengan tinta berbeda. Nah, saat belajar, Anda hanya perlu mempelajari poin-poin penting tersebut. Dengan begitu, waktu yang Anda gunakan untuk belajar akan lebih efisien. Anda pun akan lebih mudah mengingatnya daripada membaca seluruh buku.

  1. Melakukan Kelompok Belajar

Belajar bersama teman juga bisa dikatakan sebagai sarana belajar yang efektif. Dengan adanya teman saat belajar, Anda bisa saling bertukar pengetahuan dengan teman. Anda dapat mempelajari kepandaian yang dimiliki teman, begitu juga sebaliknya, teman mempelajari kepintaran yang Anda miliki. Selain itu, belajar bersama juga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

  1. Metode Penghafalan Suatu Rumus

Metode ini biasanya digunakan saat Anda harus menghafal suatu rumus yang terlalu panjang. Anda bisa menggunakan nama sesuatu yang mudah Anda ingat. Sebagai contoh, saat akan menghafal urutan warna pelangi, Anda dapat menyusunnya menjadi sebuah kata “MiJiKuHiBiNiU” yang berarti “Merah”, “Jingga”, “Kuning”, “Hijau”, “Biru”, “Nila”, dan “Ungu”. Buat Anda yang mempelajari urutan susunan periodek unsur-unsur kimia juga bisa menggunakan cara ini, yaitu dengan membentuk sebuah kalimat panjang yang mudah diingat.

  1. Belajar dengan Mempraktikkan

Belajar hanya dengan membaca materi tidaklah maksimal. Anda harus mengimbanginya dengan mempraktikkannya. Sebagai contoh, Anda tidak bisa menghafal sebuah rumus saja. Anda juga perlu mempraktikkan rumus tersebut dalam sebuah soal. Dengan cara ini, Anda akan lebih memahami penerapan dari rumus tersebut. Dalam perkembangannya, mungkin Anda tidak hafal dengan rumus, namun bisa menciptakan rumus karena urutan logika Anda sudah benar.

  1. Belajar secara Rutin, Bukan Lama

Belajar tidak perlu terlalu lama, namun lakukan secara rutin setiap hari. Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan bahwa belajar efektif hanya terjadi di 15 hingga 20 menit pertama. Memaksimalkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh ilmu dalam jumlah banyak merupakan langkah bijak yang perlu dilakukan. Agar tetap mendapatkan hasil maksimal, berarti Anda harus rutin belajar dan memanfaatkan waktu emas bagi otak untuk menerima pelajaran. Hindari juga belajar dengan kebut semalam. Hal ini justru akan membuat tubuh dan otak Anda menjadi lelah.

  1. Mengerti Bukan Menghafal

Belajar dengan mengerti, bukan menghafal. Sebab, dengan mengerti, Anda akan dapat menerapkan materi dalam segala kondisi soal. Sedangkan, hafalan tidak akan mampu diterapkan dalam segala soal. Soal yang dimodifikasi sedikit akan menyulitkan Anda dalam menyelesaikannya karena hanya menghafal rumus. Selain itu, hafalan mudah untuk lupa daripaka Anda benar-benar mengerti tentang hal tersebut. Dengan begitu, berarti Anda sudah mampu menerapkan cara belajar yang efektif.

About Author

Related posts

Bagaimana Cara Belajar yang Baik? Ikuti 7 Tips Berikut!

Bagaimana cara belajar yang baik? Mungkin, pertanyaan tersebut sempat tebersit di benak Anda yang selalu mengalami kegagalan dalam mencapai target belajar. Meskipun sudah berusaha untuk belajar dengan rajin, namun tetap saja tidak paham dengan apa yang dipelajari. Jika ini yang terjadi, berarti ada yang salah dengan cara belajar Anda....

Read More

4 Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara mengatasi malas belajar sangat dibutuhkan oleh kalangan pelajar ataupun mahasiswa untuk menyukseskan studinya. Tidak dapat dipungkiri, ada banyak gangguan saat menuntut ilmu sehingga menyebabkan munculnya rasa malas untuk belajar. Gangguan itu dapat berbentuk godaan seperti bermain game online, membaca komik, berjalan-jalan atau nongkrong bersama teman, dan sebagainya. Ada pula gangguan...

Read More

6 Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara meningkatkan semangat belajar sangat diperlukan bagi Anda yang sering merasa bosan saat belajar. Terlebih jika menghadapi mata pelajaran yang tidak disukai. Biasanya, ada banyak alasan yang digunakan untuk segera mengakhiri kegiatan belajar, seperti mengantuk atau mengerjakan pekerjaan lain. Nah, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, bisa mengikuti tips berikut...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: