6 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk mencegah penyakit. Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A hingga 50%.

WHO telah menyarankan agar kita bisa mencuci tangan dengan 6 langkah. Bukan hanya bersih, tapi cara ini dapat mencegah kita dari penyakit yang disebutkan di atas. Nah Ma, apakah keluarga Mama sudah benar dalam mencuci tangan? Untuk menjadi informasi tambahan bagi Mama dan keluarga, berikut ini beberapa penjelasan mengenai 6 langkah cuci tangan.

Apa itu 6 Langkah Cuci Tangan? 6 langkah cuci tangan adalah cara mencuci tangan yang benar sesuai standar World Health Organisation (WHO) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman.

Namun bila tidak tersedia, Mama dan keluarga juga dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60% sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak dibenarkan jika tangan terdapat kuman yang sangat kotor dan sulit bersihkan.

Sebelum mencuci tangan, pastikan juga bahwa di rumah terdapat sabun dan sumber air mengalir yang bersih. Alirkan air terlebih dahulu, lalu letakkan sabun (dapat sabun cair atau sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tangan.

Nah, agar kuman dapat dibasmi dengan tuntas, berikut rangkuman 6 langkah mudah mencuci tangan yang benar menurut WHO.

  1. Gosok telapak tangan

Langkah pertama mencuci tangan yang benar menurut WHO adalah dengan menggosok kedua telapak tangan si Kecil dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.

Pastikan ia membersihkannya dengan baik hingga sabun berbusa di kedua tanganmu.

  • Gosok punggung tangan

Setelah menggosok bagian telapak tangan, ia mulai bisa menggosok kedua bagian punggung tangan.

Jangan asal menggosok, gunakanlah telapak tangan kanannya untuk menggosok punggung tangan kiri.

Kemudian, lakukan pada tangan sebaliknya. Ulangi beberapa kali hingga kuman di area tersebut hilang.

  • Gosok sela jari

Setelah menggosok punggung tangan, gosoklah sela-sela jari si Kecil dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kirinya.

Pada tahap ini, ia harus benar-benar bersih saat mencucinya. Karena bagian inilah yang sering kali terlupakan dan akhirnya menyimpan banyak bibit penyakit.

  • Gosok bagian dalam jari

Selain sela jari, si Kecil juga harus menggosok bagian dalam jari-jarinya. Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci. Pastikan juga si Kecil menggosoknya dengan bersih ya.

  • Bersihkan ibu jari

Setelah jari-jari lain bersih, saatnya si Kecil membersihkan ibu jarinya. Gosok-gosok ibu jari tangan kirinya secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Kemudian, lakukan pada tangan sebaliknya.

  • Bersihkan kuku-kuku

Selain jari, ia juga harus memerhatikan bagian kuku. Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari hingga saling bertemu.

Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Setelah itu, lakukanlah pada tangan sebaliknya. Jika sudah selesai, bilas kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer.

Mama dan keluarga juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer. Dengan melakukan cuci tangan yang benar, pasti keluarga akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit akibat kuman. Untuk itu, mulai saat ini terapkanlah kebiasaan mencuci tangan dengan cara yang benar ya!

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: