Tips Mengelola Uang Lebaran Si Kecil

Momen lebaran biasanya akan jadi momen yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya bisa menikmati berbagai macam kue lebaran, anak-anak pun bisa sangat semangat di hari lebaran karena bisa mendapat banyak uang “salam tempel” dari keluarga dan kerabat.

Tapi sebagai orang tua, kita perlu mengedukasi anak untuk mengelola uang yang mereka dapat. Bahkan momen seperti itu sangat tepat untuk mengajarkan soal konsep membelanjakan dan mengelola uang. Belajar mengelola uang seperti ini juga akan mengajarkan anak arti penting tanggung jawab dan mengatur prioritas.

Berikut ini lima tips mudah untuk membantu anak mengelola uangnya biar lebih terkendali.

Beri Izin Anak untuk Menyimpan Uang yang Didapat

Beri kepercayaan pada anak untuk menyimpan semua yang yang mereka dapat. Dengan begini, anak akan memiliki tanggung jawab pribadi. Selain itu, anak pun akan mulai memahami pentingnya mengendalikan diri.

Bantu Anak Cara Membelanjakan Uang Itu

Bimbing dan arahkan ia dalam membelanjakan uangnya. Bantu buatkan daftar kira-kira barang atau apa saja yang mau dibeli dengan uang yang dimiliki. Beri ia pemahaman bahwa tak semua barang bisa dibeli dengan uang yang dipunya. Ada batasan-batasan yang perlu diketahui agar anak tak boros dalam membelanjakan uangnya.

Sisihkan Sebagian Uang untuk Ditabung

Dari sekian banyak uang yang didapat, bantu anak untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Dengan cara ini, anak bisa lebih memahami konsep menabung dan tak berlebihan dalam membelanjakan uang. Anak juga akan terlatih dalam membuat prioritas dalam hidupnya.

Kenalkan Soal Wirausaha

Ingin mendidik anak agar lebih mandiri? Coba bantu ia mengalokasikan uangnya untuk berwirausaha kecil-kecilan. Misal, gunakan uang yang ada sebagai modal untuk jualan kue. Selain melatih anak jiwa kewirausahaan, anak pun bisa lebih mandiri dalam mengatur keuangannya nanti. Tapi tentu harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Berbagi dan Beramal Jangan Sampai Lupa

Tanamkan jiwa sosial pada anak sejak dini. Bantu ia untuk menyisihkan sebagian uang untuk diamalkan atau disedekahkan. Dari sini, anak akan belajar berempati dan peduli pada sesama.

Nah, itulah lima tips sederhana membantu anak mengelola uang lebaran mereka jadi lebih bermanfaat. Semoga tips di atas bermanfaat.

About Author

Related posts

Tips Mudik Dengan Si Kecil Tanpa Panik

Salah satu hal yang menyenangkan dari momen lebaran adalah kesempatan mudik ke kampung halaman. Bertemu dan berkumpul bersama keluarga, akan membuat lebaran kamu semakin semarak. Namun situasi akan berbeda jika tahun ini kamu harus mudik dengan si kecil. Perjalanan akan penuh kekhawatiran, takut jika si kecil tiba-tiba rewel. Apalagi...

Read More

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak

Pahami Pentingnya Istirahat Sekolah bagi Anak – Waktu istirahat saat ini tidak banyak mendapat perhatian baik dari pihak sekolah maupun orangtua siswa. Waktu istirahat cenderung dipahami hanya untuk melepas penat belajar, waktu untuk membeli jajan dan sekedar memberi kesempatan anak untuk bermain-main sejenak. Padahal, dalam studi para ahli menyimpulkan,...

Read More

10 Kiat Membantu Anak Sukses (Bag. 1)

1. Kenali Guru Anak-anak dapat berprestasi dengan baik bila orangtua turut terlibat dalam proses pendidikannya. Seperti menghadiri acara sekolah, bertemu dengan orangtua siswa yang lain, juga mengenal gurunya. Orantua anak juga dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas program dan aturan sekolah, perkembangan anak-anak, serta berbagai pilihan yang perlu...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: