Cara mengatasi malas belajar sangat dibutuhkan oleh kalangan pelajar ataupun mahasiswa untuk menyukseskan studinya. Tidak dapat dipungkiri, ada banyak gangguan saat menuntut ilmu sehingga menyebabkan munculnya rasa malas untuk belajar. Gangguan itu dapat berbentuk godaan seperti bermain game online, membaca komik, berjalan-jalan atau nongkrong bersama teman, dan sebagainya. Ada pula gangguan yang bersifat substantif, seperti materi pelajaran yang sulit dipahami atau hafalan yang terlalu banyak.

Namun, apa pun alasannya, tidak pantas bagi seorang penuntut ilmu untuk malas belajar. Sebab, sifat dari ilmu adalah dicari. Jadi, tidak mungkin ilmu dapat dimiliki secara tiba-tiba. Nah, jika Anda masih setengah hati saat belajar, simak baik-baik cara mengatasi malas belajar berikut ini.

  1. Mengetahui Tujuan Mempelajari Suatu Ilmu

Rasa malas biasanya muncul karena pelajar tidak mengerti tujuan mempelajari suatu ilmu. Saat masuk kelas, biasanya pelajar langsung mengambil buku pelajaran dan mendengarkan guru menyampaikan materi pelajaran. Jika ilmu yang diajarkan tidak disukai pelajar, mereka akan dihinggapi rasa bosan.

Melimpahkan kesalahan kepada guru, tentu bukan tindakan bijaksana. Sebagai pelajar, Anda harus mampu membuat tujuan sendiri terhadap ilmu yang diajarkan. Anda harus mencari tahu mengapa pelajaran tersebut perlu disampaikan di sekolah. Dari sini, akan muncul rasa penasaran sehingga memacu motivasi Anda untuk belajar. Dalam hal ini, tuliskan hal-hal yang ingin Anda ketahui beserta alasannya di setiap bab mata pelajaran. Selain itu, Anda juga harus membuat target nilai yang ingin diraih pada setiap mata pelajaran di akhir semester.

  1. Menunjukkan Sikap Belajar yang Tepat

Percayalah bahwa sikap belajar sangat memengaruhi mood Anda. Jika Anda memilih duduk di posisi pojok belakang kelas, Anda telah mempersiapkan diri untuk tidak memperhatikan pelajaran. Jadi, duduklah di posisi paling depan agar fokus Anda pada pelajaran tetap terjaga. Selain itu, jaga sikap Anda agar tidak belajar sambil menempelkan kepala di meja. Secara psikologis, tubuh seperti itu mengartikan bahwa pelajaran yang disampaikan tidak terlalu penting untuk dipelajari.

Jika belajar di rumah, jangan membaca buku sambil tiduran. Anda disarankan belajar dalam posisi duduk tegak agar konsentrasi dan mood selalu mengarah pada pelajaran. Pastikan pula agar Anda belajar di tempat yang terang. Jika Anda memaksakan belajar di tempat gelap, mata akan cepat lelah sehingga muncul dorongan untuk mengakhiri pelajaran.

  1. Menyadari bahwa Masa Depan Harus Dipersiapkan secara Matang

Era modern ditandai dengan persaingan yang kompetitif di segala bidang, termasuk di dunia kerja. Hanya orang-orang berprestasi yang akan dipilih oleh penyedia lapangan kerja. Selain itu, orang-orang dengan kelebihan spesifik pada bidang ilmu tertentu memiliki peluang emas untuk memperoleh jenjang karier yang lebih tinggi.

Jika Anda sejak sekarang rajin belajar, maka nilai akademik yang baik dapat diraih. Dengan bekal tersebut, Anda akan lebih mudah menentukan jenis pekerjaan idaman. Anda akan mendapat tawaran pekerjaan yang menantang tetapi bergaji besar. Anda juga dapat mudah diterima di tempat kerja yang memberi upah rata-rata, tetapi lingkungan kerjanya nyaman dan kondusif.

  1. Jangan Hilangkan Rasa Malu

Motivasi sederhana untuk membuang rasa malas dalam belajar adalah memiliki rasa malu. Pikirkan rasa malu yang amat menyiksa jika Anda dipaksa untuk keluar dari sekolah atau kampus akibat prestasi yang buruk. Hal itu tentu akan menjadi pil pahit yang harus Anda telan seumur hidup. Tinggal kelas, dipermalukan guru atau dosen, dihina teman, serta mendapat amarah orang tua tentu menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Oleh karena itu, terapkan terus cara mengatasi malas belajar.

About Author

Related posts

Bagaimana Cara Belajar yang Baik? Ikuti 7 Tips Berikut!

Bagaimana cara belajar yang baik? Mungkin, pertanyaan tersebut sempat tebersit di benak Anda yang selalu mengalami kegagalan dalam mencapai target belajar. Meskipun sudah berusaha untuk belajar dengan rajin, namun tetap saja tidak paham dengan apa yang dipelajari. Jika ini yang terjadi, berarti ada yang salah dengan cara belajar Anda....

Read More

Terapkan 7 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien Ini!

Cara belajar yang efektif perlu Anda terapkan agar proses belajar tidak sia-sia. Sebab, tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali pelajar yang belajar namun tetap tidak berhasil mencapai target yang diinginkan. Mereka hanya menggunakan waktu lama untuk belajar, namun hasil yang diperoleh tetap tidak memuaskan. Nah, berikut ini diberikan cara...

Read More

6 Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara meningkatkan semangat belajar sangat diperlukan bagi Anda yang sering merasa bosan saat belajar. Terlebih jika menghadapi mata pelajaran yang tidak disukai. Biasanya, ada banyak alasan yang digunakan untuk segera mengakhiri kegiatan belajar, seperti mengantuk atau mengerjakan pekerjaan lain. Nah, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, bisa mengikuti tips berikut...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: