Bagaimana Cara Belajar yang Baik? Ikuti 7 Tips Berikut!

Bagaimana cara belajar yang baik? Mungkin, pertanyaan tersebut sempat tebersit di benak Anda yang selalu mengalami kegagalan dalam mencapai target belajar. Meskipun sudah berusaha untuk belajar dengan rajin, namun tetap saja tidak paham dengan apa yang dipelajari. Jika ini yang terjadi, berarti ada yang salah dengan cara belajar Anda. Mau tahu cara belajar yang baik dan mempunyai peluang besar untuk berhasil menggapai target? Ikuti tips berikut ini.

  1. Dimulai dan Diakhiri dengan Berdoa

Sebelum dan sesudah belajar, berdoalah terlebih dahulu. Hal yang satu ini memang sangat sering dilupakan oleh para pelajar, mungkin termasuk Anda. Padahal, berdoa merupakan langkah utama dan terpenting dalam belajar. Dengan berdoa, kita berharap Tuhan akan membantu dalam proses penerimaan pelajaran di dalam otak hingga akhirnya dapat mencapai kesuksesan.

  1. Memilih Tempat Belajar

Pilihlah tempat belajar yang nyaman bagi Anda. Sebab, bagaimana pun juga, tempat belajar juga sangat mempengaruhi konsentrasi dan pencapaian dari belajar Anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih tempat belajar yang baik:

a. Pilihlah suasana sesuai selera. Jika Anda senang dengan suasana sepi, belajarlah di dalam kamar. Sedangkan, jika Anda senang suasana ramai, belajarlah berkelompok atau di dalam perpustakaan.

b. Pilihlah tempat belajar yang nyaman. Jika Anda merasa nyaman belajar sambil ditemani guling, lakukanlah. Namun, bagi Anda yang justru akan tertidur jika ditemani guling, sebaiknya dihindari.

c. Kondisi tempat belajar juga perlu diperhatikan. Ruangan yang terlalu panas atau dingin akan mengganggu konsentrasi belajar Anda. Oleh karena itu, pilihlah tempat belajar yang sejuk.

  1. Sambil Mendengarkan Musik

Ada tipikal orang yang saat belajar perlu ditemani musik. Hal ini diperbolehkan asal tidak akan mengganggu proses belajarnya. Musik yang ideal untuk didengarkan sebenarnya adalah musik klasik atau musik dengan alunan yang lembut sehingga merangsang otak untuk bekerja lebih maksimal. Akan lebih baik untuk menghindari musik keras seperti rock dan metal karena justru akan mengganggu konsentrasi belajar Anda.

  1. Melakukan Latihan Soal

Salah satu cara paling ampuh untuk memahami sebuah materi pelajaran, terutama mata pelajaran hitungan, adalah latihan soal. Semakin banyak soal yang Anda kerjakan, semakin lihai Anda dalam memecahkan sebuah persoalan. Anda juga kaya akan pertanyaan yang biasa diajukan dalam sebuah soal. Sehingga, saat Anda menghadapi ujian sekolah, Anda akan mudah menyelesaikan berbagai tipe soal yang diajukan karena Anda sudah sering melakukannya selama belajar di rumah.

  1. Didampingi Pembimbing

Di sini, fungsi pembimbing adalah untuk menemani dan menjadi tempat Anda bertanya saat ada materi pelajaran yang tidak Anda pahami. Beberapa soal juga bisa Anda tanyakan kepada pembimbing untuk memperoleh jawaban yang tepat. Namun begitu, jangan jadikan pembimbing sebagai tumpuan Anda mendapatkan jawaban dari semua persoalan yang Anda hadapi. Anda harus berusaha untuk mencari jawabannya terlebih dahulu, kemudian koreksikan kepada pembimbing.

  1. Manfaatkan Teknologi

Saat ini, belajar tidak harus melalui buku. Anda juga menggunakan teknologi berupa internet untuk belajar. Temukan berbagai ilmu pengetahuan secara gratis dari media ini.

  1. Refreshing

Meskipun sebagai pelajar, Anda juga membutuhkan refreshing. Jika Anda sudah merasa penat saat belajar, istirahatlah sejenak atau refreshing kurang lebih 15 menit. Anda bisa menggunakan waktu ini untuk meregangkan badan, melihat televisi, atau sekadar mencari camilan. Namun ingat, harus kembali belajar setelah masa refreshing selesai, ya.

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, kini Anda tidak perlu lagi bertanya bagaimana cara belajar yang baik.

 

About Author

Related posts

4 Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara mengatasi malas belajar sangat dibutuhkan oleh kalangan pelajar ataupun mahasiswa untuk menyukseskan studinya. Tidak dapat dipungkiri, ada banyak gangguan saat menuntut ilmu sehingga menyebabkan munculnya rasa malas untuk belajar. Gangguan itu dapat berbentuk godaan seperti bermain game online, membaca komik, berjalan-jalan atau nongkrong bersama teman, dan sebagainya. Ada pula gangguan...

Read More

Terapkan 7 Cara Belajar yang Efektif dan Efisien Ini!

Cara belajar yang efektif perlu Anda terapkan agar proses belajar tidak sia-sia. Sebab, tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali pelajar yang belajar namun tetap tidak berhasil mencapai target yang diinginkan. Mereka hanya menggunakan waktu lama untuk belajar, namun hasil yang diperoleh tetap tidak memuaskan. Nah, berikut ini diberikan cara...

Read More

6 Cara Meningkatkan Semangat Belajar

Cara meningkatkan semangat belajar sangat diperlukan bagi Anda yang sering merasa bosan saat belajar. Terlebih jika menghadapi mata pelajaran yang tidak disukai. Biasanya, ada banyak alasan yang digunakan untuk segera mengakhiri kegiatan belajar, seperti mengantuk atau mengerjakan pekerjaan lain. Nah, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, bisa mengikuti tips berikut...

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: